Anies: Pengunjung Ragunan Melonjak Akibat Dampak Tsunami

CNN Indonesia | Selasa, 01/01/2019 21:14 WIB
Anies: Pengunjung Ragunan Melonjak Akibat Dampak Tsunami Suasana liburan tahun baru 2019 di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta, Selasa (1/1/2019). (CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan pada perayaan Tahun Baru 2019.

Mantan Mendikbud itu mengaku kedatangannya sore tadi merupakan yang kedua untuk memantau musim liburan pada akhir dan awal tahun.

Anies mengatakan pantauannya ke Ragunan kali ini untuk melihat situasi di kebun binatang tersebut. Apalagi, sambungnya, Ragunan menjadi salah satu destinasi alternatif favorit karena warga menghindari wisata pantai.


"Masyarakat lebih memilih tempat seperti Ragunan ini sebagai dampak bencana kemarin di Selat Sunda. Bahkan pengunjung di Ancol pun menurun karena masyarakat menghindari wisata pantai," ujar Anies di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (1/1).


Bahkan tak hanya dari Jabodetabek, Anies menyebut masyarakat dari Sukabumi Jawa Barat sempat bertemu dengannya di Ragunan.

"Saya monitoring terkait lalu lintas untuk memastikan pengunjung nyaman masuk ke Ragunan karena kita ingin pastikan pengunjung nyaman ke sini. Alhamdulillah sekarang TransJakarta lancar ke Ragunan," ujar Anies.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, kepadatan lalu lintas terpantau di jalan-jalan akses menuju Ragunan. Di antaranya di jalan Cilandak KKO, TB Simatupang sekitar Ragunan, dan jalan RM Harsono menuju Ragunan.

Disinggung soal pengelolaan di dalam Taman Margasatwa Ragunan, Anies mengatakan saat ini pihaknya sementara akan fokus dulu agar masyarakat aman dan nyaman di sana.

"Persoalan bagaimana di dalam itu kan tergantung selera, ada yang suka piknik ada yang suka binatang," lanjutnya.

Lebih lanjut Anies mengatakan dua hari lalu, Ragunan mencapai rekor pengunjung terbanyak di angka 125 ribu pengunjung dalam sehari.

Sebelumnya, Anies tiba di Taman Margasatwa Ragunan pukul 16.00 WIB. Anies menyempatkan berfoto bersama masyarakat, pasukan pengamanan dan pengelola Ragunan dalam kunjungannya kali ini.

(kst/kid)