Sandiaga Ingin Lanjutkan Program Bagi Ribuan Buku ala Jokowi

CNN Indonesia | Rabu, 09/01/2019 05:10 WIB
Sandiaga Ingin Lanjutkan Program Bagi Ribuan Buku ala Jokowi Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno menyatakan akan meneruskan program bagi-bagi buku ala Jokowi kalau terpilih dalam Pilpres 2019. ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno berencana melanjutkan program pengiriman ribuan buku ke daerah terpencil yang digagas Presiden Joko Widodo. Sandi ingin meneruskan itu jika terpilih pada pilpres mendatang.

Meski begitu, dia ingin melanjutkan dengan cara yang lebih baik. "Bagi kami ke depan adalah program yang bagus itu diteruskan. Dieksekusi dengan lebih baik dan jauh lebih merata," tutur Sandi si FX Sudirman, Jakarta, Selasa (8/1).

Sandi mengatakan dirinya pernah mendapat pengakuan dari sejumlah elemen masyarakat bahwa program Jokowi itu sangat bagus. Banyak pihak yang menyambut baik.


Akan tetapi, Sandi mengaku memperoleh kabar yang kurang mengenakkan. Ada sejumlah pihak yang tidak mendapat buku dari Jokowi. Dengan kata lain, program tersebut belum dilaksanakan secara merata.


Walhasil, kata Sandi, mereka yang di daerah terpencil harus merogoh kocek lebih dalam demi memperoleh buku yang sama yang diberikan gratis ke daerah lain. Memperolehnya pun sangat sulit.

"Dan biayanya mahal dibandingkan dengan buku - buku yang dibagikan," kata Sandi.

Atas dasar itu, Sandi berniat melanjutkan program Jokowi mengirim buku ke daerah terpencil secara lebih merata. Sandi menjamin dirinya akan berupaya melakukan itu jika terpilih pada pilpres mendatang.

"Itu bisa menjadi perhatian khusus bagi kita," kata sandi.

Diketahui, Jokowi pernah menginstruksikan Mendikbud Muhadjir Effendy agar mengirim ribuan buku ke setiap taman baca masyarakat di berbagai daerah. Jokowi mengatakan itu pada Mei 2017 lalu.

"Saya perintahkan setiap titik minimal 10 ribu buku. Nanti akan kami sambungkan. Sekali lagi ini bisa menggerakkan minat baca anak-anak," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, (2/5/2017).

(bmw/agt)