Jokowi-Ma'ruf Diklaim Tak Akan Menyerang di Debat Perdana

CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 17:06 WIB
Jokowi-Ma'ruf Diklaim Tak Akan Menyerang di Debat Perdana Jokowi-Ma'ruf diklaim tidak akan menyerang di debat perdana pilpres 2019. (CNN Indonesia/Galih Gumelar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Kampanye Nasional (TKN) mengklaim Joko Widodo dan Ma'ruf Amin tidak akan melakukan serangan terhadap Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam debat capres 2019 perdana. Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto mengatakan Jokowi-Ma'ruf bakal menyampaikan hal-hal prinsip dan fundamental.

"Apakah nanti ada sifatnya attacking? Ya karakter Pak Jokowi bukan karakter yang menyerang. Terlebih Kiai Ma'ruf Amin," ujar Hasto di Rumah Cemara, Jakarta, Rabu (16/1).

Hasto mengatakan Jokowi memiliki kemampuan untuk menciptakan arus balik atas dinamika yang terjadi di lapangan. Sementara Ma'ruf, ia berkata memiliki kemampuan analogi yang sangat baik. Kamampuan Ma'ruf diklaim merupakan ciri khas warga Nahdlatul Ulama (NU).


Bahkan, Sekjen PDIP ini menyebut Ma'ruf terbuka kemungkinan akan menampilkan humor-humor khas NU dalam debat Pilpres 2019.


Lebih lanjut, Hasto menyampaikan pihaknya sudah mempersiapkan debat capres perdana dengan baik. Ia berkata Jokowi-Ma'ruf tak akan hanya menampilkan retorika.

"Debat capres cawapres itu justru mencerminkan kemurnian jiwa dari pemimpin itu, karakter dasar dari pemimpin itu," ujarnya.

Di sisi lain, Hasto juga menyinggung soal pidato kebangsaan Prabowo. Ia melihat isi pidato itu masih berisi pesimisme terhadap Indonesia. Prabowo, kata dia, menutup mata atas keberhasilan dan menyerang Jokowi.


Padahal, kata Hasto, pihaknya berharap ada gagasan-gagasan yang positif sehingga rakyat dapat melihat kontestasi pada debat capres 2019.

"Serangan-serangan itu juga justru membuka sebuah rahasia dari seluruh strategi yang mereka lakukan attacking terus tanpa melihat kebenaran di dalam proses kemajuan kehidupan berbangsa dan bernegara itu," ujar Hasto.

Lebih dari itu, Hasto menilai pernyataan-pernyataan yang disampaikan Prabowo semakin membuat pihaknya yakin bahwa momentum debat perdana akan menjadi momentum yang baik bagi Jokowi-Ma'ruf untuk menampilkan jati diri kepemimpinannya.

Ikuti livestreaming, live report, dan cek fakta debat capres 2019 di CNNIndonesia.com pada 17 Januari 2019 mulai pukul 19.00 WIB.

(jps/DAL)