Sandi Sebut Tak Akan Menyerang Jokowi-Ma'ruf di Debat Perdana

CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 19:39 WIB
Sandi Sebut Tak Akan Menyerang Jokowi-Ma'ruf di Debat Perdana Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno memastikan tidak akan menyerang di debat perdana pilpres 2019. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyebut tak mempersiapkan serangan apapun untuk melawan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di debat capres 2019 perdana yang akan digelar besok Kamis (17/1).

Sebab, kata Sandi, serangan apapun bukanlah budaya yang berkembang di Indonesia. Justru, kata dia, Prabowo Subianto dan dirinya akan menyampaikan segala sesuatu dengan sopan dan santun di debat nanti. 

"Kita tidak siapkan khusus untuk menyerang karena menurut saya ini adalah bukan budaya kita saling serang menyerang budaya kita adalah dengan sopan santun menyampaikan gagasan kita," kata Sandi di Jakarta, Rabu (16/1). 



Meski begitu, Sandi tak keberatan jika saat debat capres perdana nanti, Jokowi akan mengangkat kasus korupsi koorporasi PT Duta Graha Indah (DGI). Memang kata Sandi, saat PT DGI terlibat kasus korupsi, dirinya masih menjabat sebagai komisaris di perusahaan itu.

"Ya harus, di angkat saja, silakan, karena itu sudah menjadi kasus dan sudah ditangani oleh KPK dan sudah ada pengadilan, sudah ada tersangka, sudah ada terpidananya, korporasinya juga sudah terpidana, dan sebagai fakta saya pernah menjabat komisaris silakan diangkat ke sana," kata Sandi. 


Sandi kemudian menjelaskan dalam pemberantasan korupsi sektor korporasi memang sangat penting untuk disentuh di debat capres 2019 karena berhubungan langsung dengan pemerintah, meski juga dia sebut ada korporasi yang berhubungan dengan sesama korporasi yang akhirnya merugikan masyarakat.

"Silakan diangkat dan saya senang sekali kalau itu menjadi topik. Karena saya memahami secara mendetail apa yang terjadi dan bagaimana pengawasan dan peran masyarakat," katanya. 

Ikuti livestreaming, live report, dan cek fakta debat capres 2019 di CNNIndonesia.com pada 17 Januari 2019 mulai pukul 19.00 WIB.

(tst/DAL)