Karni Ilyas dan Najwa Shihab Masuk Kandidat Moderator Debat

CNN Indonesia | Rabu, 23/01/2019 18:39 WIB
Karni Ilyas dan Najwa Shihab Masuk Kandidat Moderator Debat Nama Karni Ilyas diusulkan sebagai moderator debat capres kedua berasal dari stasiun televisi yang bekerja sama dengan KPU, bukan usulan timses. (Foto: Screenshot via instagram (@presidenilc))
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan mengatakan nama jurnalis senior Karni Ilyas masuk dalam daftar kandidat moderator debat capres kedua pada 17 Februari mendatang. Nama Karni bersanding dengan kandidat lainnya seperti Najwa Shihab, Tommy Tjokro, Ira Koesno, dan beberapa jurnalis lainnya.

"Jadi ada nama Karni Ilyas, Mba Nana (Najwa), Tjokro, Ira Koesno, dan beberapa nama lagi saya tidak ingat. Tetapi semua itu memang insan media," ucap Wahyu di kantor Bawaslu, Jakarta, Rabu (23/1).

Karni Ilyas, kata Wahyu, bukan diusulkan oleh KPU, bukan pula oleh masing-masing tim sukses. Karni diusulkan oleh pihak stasiun televisi yang telah bekerja sama dengan KPU selama rangkaian debat pilpres 2019 berjalan.


"Nama karni itu diusulkan oleh TV media," kata Wahyu menegaskan.


Wahyu memastikan KPU belum menetapkan moderator debat capres kedua nanti. Semuanya masih harus dibicarakan dengan timses paslon 01 dan 02.

KPU, lanjutnya, juga tidak bisa menetapkan sendiri tanpa disepakati oleh kedua pihak yang berkontestan. Dia mengatakan mekanisme tersebut sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

"Berbeda dengan panelis. panelis itu mutlak sepenuhnya kewenangan KPU. Itu bedanya," kata Wahyu.


Diketahui, KPU akan menggelar debat capres kedua di Hotel Sultan Jakarta pada 17 Februari. Kali ini, tema debat adalah energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, dan infrastruktur.

Debat capres perdana, 17 Januari 2019. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Dalam debat nanti, hanya capres yang akan memaparkan visi misi serta beradu gagasan. Tidak seperti debat capres perdana yang mana capres dan cawapres berada di panggung debat bersama-sama.

Isu penolakan Najwa Shihab

Perihal moderator debat, sempat muncul kabar penolakan dari kubu Prabowo-Sandi. Juru bicara Andre Rosiade mengaku tidak setuju jika Najwa Shihab memandu debat capres kedua sebagai moderator. Alasannya, dia menganggap Najwa tidak independen dan berafiliasi dengan kelompok politik tertentu.

"Kalau menurut saya menurut analisis saya, saya rasa, para pendukung pak Prabowo banyak yang tidak setuju menurut saya," kata Andre saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (23/1).


Andre mengatakan dirinya tidak setuju dengan nama Najwa Shihab. Hal itu, kata di berdasarkan pertimbangan rekam jejak wanita yang akrab disapa Nana itu. Sayangnya Andre tidak menjelaskan lebih lanjut rekam jejak mana yang dimaksudnya.

Hanya saja, kata Andre, sampai saat ini BPN belum mengeluarkan sikap resmi terkait moderator debat capres kedua. Ia mengatakam pihaknya masih akan mendiskusikan hal itu terlebih dahulu. "Keputusan resminya belum ada. Keputusan resmi BPN terima atau tolak kita masih ikuti perkembangan rapat di KPU," ucap Andre.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi Priyo Budi Santoso mengatakan hal berbeda. Dia menyatakan bahwa pihaknya belum mengambil sikap resmi apapun. Termasuk moderator debat. Priyo menyebut pernyataan Andre bukan atas nama BPN Prabowo-Sandi.

(bmw/ain)