Jokowi Serahkan 30 Ribu Sertifikat Tanah di Jakarta Pusat

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 26/01/2019 14:28 WIB
Jokowi Serahkan 30 Ribu Sertifikat Tanah di Jakarta Pusat Ilustrasi Jokowi memberikan sertifikat tanah. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo membagikan kurang lebih 30 ribu sertifikat tanah kepada warga di kawasan Jakarta Pusat pada Sabtu (26/1) siang ini. Jokowi secara simbolis memberikan sertifikat pada acara yang dihadiri sekitar tiga ribu pemilik surat tanah. 

"Yang diterima 3000 tapi yang sudah diserahkan itu 30 ribu sertifikat. Kenapa ini diberikan dan dipercepat? Karena setiap saya masuk ke kampung, desa, daerah, yang masuk ke telinga saya urusan sengketa tanah dan lahan," kata Jokowi di Jakarta, Sabtu (26/1).

Jokowi menyebut dirinya ingin masalah lahan dan sertifikasi tanah cepat diselesaikan dan pada 2019 memiliki target membagikan sembilan juta sertifikat.

"Pada 2017 alhamdullilah (masyarakat) bisa mengantongi 5,4 juta sertifikat. Pada 2018, dari target 7 juta, alhamdulilah 9,4 juta yang keluar kemarin. Tahun depan bisa target 12 juta," ujar Jokowi.


Dalam acara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan terima kasih kepada Jokowi karena program sertifikat tanah ala Jokowi sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Dalam kesempatan ini, izinkan kami sampaikan apresiasi atas program yang nyata dirasakan manfaatnya. Insyallah memberikan manfaat buat semua dan membawa berkah bagi kita semua," ujar Anies.

Sementara itu, Menteri Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil dalam sambutannya berjanji tahun ini seluruh tanah di Jakarta Pusat sudah disertifikasi.

"BPN berjanji seluruh tanah di Jakarta Pusat akan terdaftar tahun ini. Terimakasih Pemda DKI dan Gubernur sehingga program ini berjalan sangat sukses," ujar Sofyan.
Sebelumnya, pada Jumat (25/1) Jokowi juga membagikan sertifikat tanah gratis sebanyak 40.172 sertifikat kepada masyarakat di kawasan Pondok Cabe, Tangerang, Banten.

Lalu, mantan wali kota Solo itu membagikan lagi sertifikat tanah di kawasan industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat sebanyak 3.500 sertifikat.

(ctr/vws)