Anies Sebut Petak Sembilan Punya Potensi Wisata

CNN Indonesia | Rabu, 06/02/2019 03:24 WIB
Anies Sebut Petak Sembilan Punya Potensi Wisata Ilustrasi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyebut ada potensi wisata di kawasan Petak Sembilan, khususnya pada saat perayaan Tahun Baru Imlek.

Saat perayaan Imlek 2570 yang jatuh pada Selasa (5/2), banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan Petak Sembilan.

"Tadi di dalam kita menemukan banyak turis-turis yang dari penampilannya mereka dari dunia luar Jakarta, di luar Indonesia," kata Anies di lokasi, Selasa (5/2).
Dari pantauan CNNIndonesia.com, warga yang mendatangi kawasan Petak Sembilan maupun Wihara Dharma Bhakti memang tak hanya warga etnis Tionghoa yang merayakan Imlek saja. Tetapi warga non Tionghoa juga banyak yang mendatangi lokasi tersebut, entah untuk berburu foto ataupun sekedar menikmati suasana Imlek.


Ke depannya, Anies berharap agar kawasan Petak Sembilan bisa lebih rapi dan tertata. Tujuannya, agar masyarakat yang datang ke lokasi tersebut bisa lebih nyaman dan memberikan pengalaman yang berkesan.

"Ya kegiatan keagamaannya, ya kegiatan pariwisata, ya kegiatan sosial, ya kegiatan ekonomi, semuanya terkumpul termasuk budaya di kawasan Petak Sembilan ini," ujarnya.

Lebih dari itu, Anies berharap agar seluruh warga Jakarta mau ikut serta merawat kawasan Petak Sembilan. Apalagi, kawasan tersebut merupakan salah satu kawasan paling tua di Jakarta.

Kemudian untuk Wihara Dharma Bhakti, kata Anies merupakan salah satu wihara tertua di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1650. Wihara tersebut, lanjutnya, juga menjadi salah satu pusat perayaan Imlek di Jakarta.
"Kita harus rawat sama-sama, dan saya berharap di tempat ini nantinya akan maju dan berkembang," ucap Anies.

Anies sendiri sebelum mengaku bahwa dirinya rutin mengunjungi kawasan Petak Sembilan saat perayaan Imlek selama kurun waktu lima tahun terakhir.

"Ini kunjungan rutin setiap Imlek, sudah lima tahun terakhir saya selalu datang," kata Anies. (dis/ayp)