Cerita Prabowo Ingin Bangun Klub Bola yang Masuk Piala Dunia

CNN Indonesia | Kamis, 07/02/2019 16:11 WIB
Cerita Prabowo Ingin Bangun Klub Bola yang Masuk Piala Dunia Ketum Gerindra Prabowo Subianto menjadi peserta Pilpres 2019 sebagai capres nomor urut 02. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Hambalang, Bogor, CNN Indonesia -- Calon presiden nomor urut 02 dalam Pilpres 2019, Prabowo Subianto, mengungkap impiannya bila tak terjun berpolitik.

"Saya ini kalau sudah tidak terjun di politik ada tiga cita-cita besar yang ingin saya wujudkan," kata Prabowo mengawali ceritanya saat ditemui di kediamannya yang berada di Hambalang, Bogor, Jawa Barat pada Selasa (5/2) malam. 

Namun, dari tiga cita-cita itu, Prabowo hanya mengungkap dua hal yakni di dunia olahraga dan pendidikan. Pertama, Ketua Umum Partai Gerindra itu mengaku dirinya tertarik untuk membuat klub sepak bola.


"Ya buat klub yang bisa masuk Piala Dunia, malu saya sepak bola Indonesia kalah terus," ujar mantan Komandan Jenderal Kopassus itu.


Lalu, impian di bidang pendidikan, Prabowo mengaku memiliki hasrat untuk membuat kampus atau sekolah yang bisa disandingkan dengan Universitas Oxford dan Harvard.

Oxford adalah sebuah universitas yang telah membangun dunia pendidikan sejak abad XI. Universitas yang berada di Inggris ini berdiri sejak 1096 silam dan memiliki nama bergengsi di tataran pendidikan dunia.

Serupa pula dengan Universitas Harvard yang berada di Massachusetts, Amerika Serikat. Kampus yang berdiri pada abad ke XVII yakni pada 1636 itu pun harum namanya di dunia pendidikan.

"Saya ini mau bangun sekolah yang levelnya yang bagus. Oxfordnya Indonesia, atau Harvardnya Indonesia," kata Prabowo.


Diakuinya sedikit demi sedikit hal itu telah mulai dia lalukan dengan membangun Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI). Meski diakui Prabowo kampus itu belum sehebat Oxford atau Harvard tapi dengan menggandeng nama Kebangsaan RI, kata dia, sangat sulit melepas atau membubarkan kampus tersebut.

"Namanya itu loh, Kebangsaan Republik Indonesia. Ya baru beberapa fakultas memang, belum besar ya aku kan enggak punya uang, sedikit-sedikitlah dulu," kata Prabowo.

Keinginannya itu juga tak hanya dia simpan di kampus UKRI yang berlokasi di Bandung. Di kediamannya yakni di Padepokan Garudayaksa, Hambalang, Prabowo juga mengajar beberapa muridnya terkait beberapa hal.

"Ya aku beli tanah ini kan 2003, awalnya mau buat tempat istirahat saja, tapi lama-lama ya ngajar juga di sini," kata dia yang mengaku sudah tak memiliki hasrat politik dan ingin mewujudkan cita-cita hidup yang sudah sejak lama dia pikirkan.

Namun, untuk saat ini hal tersebut mesti dia kesampingkan terlebih dahulu lantaran dirinya memang masih harus bertarung di jagad perpolitikan Indonesia.

(tst/kid)