Satu Arah Sudirman ke Dukuh Bawah Dimulai, Pengendara Bingung

CNN Indonesia | Selasa, 12/02/2019 10:51 WIB
Satu Arah Sudirman ke Dukuh Bawah Dimulai, Pengendara Bingung Sistem satu arah di Dukuh Bawah resmi dimulai sejak pukul 09.00 WIB. (CNN Indonesia/Aini Putri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelaksanaan uji coba sistem satu arah (SSA) dari Sudirman ke Dukuh Bawah sudah dimulai sejak sekitar pukul 09.00 WIB hari ini (12/2). Pelaksanaan ini molor dari rencana yang sebelumnya disampaikan Kanit Lantas Polsek Setiabudi Priyo Siswanto yakni 08.00 WIB.

Sejumlah petugas Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP dikerahkan untuk memulai mengarahkan kendaraan secara satu arah.

Pertama, sejumlah pembatas jalan dan rambu penunjuk arah dipasang untuk membatasi dua jalur dari arah Sudirman ke Manggarai dan Tanah Abang melalui kawasan Dukuh Bawah.


Kemudian jalan dari arah Stasiun Sudirman menuju Dukuh Bawah juga ditutup. Dishub mengerahkan mobil pengangkut barrier untuk menutup jalan tersebut. Mobil itu juga mengangkut papan bertuliskan 'perubahan arus jalan' dan 'sistem satu arah'.


Menurut pantauan CNNIndonesia.com, pemberlakuan sistem satu arah ini membuat arus kendaraan cukup padat walaupun masih terhitung lancar. Masih banyak pengemudi yang bingung dan kendaraan yang berhenti untuk menanyakan arah kepada petugas.

Beberapa petugas pun ikut membagikan pamflet berisi informasi penerapan sistem satu arah tersebut kepada para pengemudi.

Pelaksanaan uji coba ini rencananya akan dilakukan di Landmark sisi selatan yang akan menjadi satu arah dari arah timur ke barat. Sedangkan, Landmark sisi barat akan dibuat satu arah dari arah selatan ke utara.


Kemudian, Landmark sisi utara (Jalan Galunggung) berlaku satu arah dari arah barat ke timur dari Simpang Jalan Galunggung (Landmark sisi barat) sampai dengan simpang Jalan Galunggung (Landmark sisi timur/Waduk Setibudi Barat).

Selanjutnya, Landmark sisi timur (Jalan Setiabudi Tengah) akan dibuat satu arah dari arah utara ke selatan. Terdapat larangan belok kanan dari arah barat ke selatan pada simpang Galunggung (Landmark Sisi barat).

Selain itu, pengendara juga dilarang belok kanan dari arah timur (Jalan Setiabudi Tengah) ke utara (Jalan Galunggung) pada simpang Setiabudi Tengah. Selanjutnya akan dilakukan penutupan ruas jalan atau akses dari Jalan Sudirman menuju Dukuh Bawah.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan uji coba akan dilakukan hingga 26 Februari dan sistem itu akan diberlakukan secara resmi mulai 27 Februari 2019.

"Sosialisasi dilakukan 28 Januari sampai tanggal 11 Februari. Rencananya, SSA Dukuh Bawah diberlakukan secara resmi pada 27 Februari mendatang," ujarnya.

(ani/DAL)