Jokowi Akan All Out dan 'Sersan' di Debat Kedua Capres

CNN Indonesia | Minggu, 17/02/2019 19:05 WIB
Jokowi Akan <i>All Out</i> dan 'Sersan' di Debat Kedua Capres Capres nomor urut 01 Joko Widodo. (CNN Indonesia/Yuliyanna Fauzi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo disebut bakal tampil total dalam debat capres kedua Pemilihan Presiden 2019. Calon petahana itu juga sudah mempersiapkan segalanya dalam menghadapi capres nomor urut 02 Prabowo Subianto malam ini (17/2) di Hotel Sultan, Jakarta.

"Yang jelas pak Jokowi telah mempersiapkan diri sebaiknya, all out dan tentu debat ini akan menjadi debat yang 'sersan', serius tapi santai," kata Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Arsul Sani di lokasi debat.

Arsul menuturkan tim telah mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk debat. Termasuk prediksi-prediksi pertanyaan yang mungkin akan disampaikan oleh Prabowo.

"Serangan pak Prabowo sudah disiapkan jawaban karena Jokowi dibantu oleh TKN dan tim-tim ahli penasihat juga telah melakukan simulasi debat," ujarnya.


Selain itu, sambung Arsul, Jokowi juga telah mempersiapkan berbagai data yang berkaitan dengan tema debat malam ini. Diketahui tema debat untuk putaran kedua adalah ekonomi, pangan, energi, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan
Jokowi Akan <i>All Out</i> Tapi 'Sersan' di Debat KeduaWakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Arsul Sani. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)

Apalagi, kata Arsul, Jokowi merupakan capres petahana sehingga data-data yang ada selama ia menjabat pasti sudah dimiliki dan dipahami.

"Soal data sebagian sudah ada pikiran dan dalam otak beliau," ujar Arsul.

Lebih dari itu, Arsul berharap dalam sesi debat terbuka, bisa berlangsung seperti layaknya debat Pilpres Amerika. Meski begitu, menurutnya debat terbuka itu juga mesti dilakukan sesuai dengan kultur atau budaya Indonesia.

"Debat bebas, ya tarung bebas itu bayangannya kira-kira mendekati seperti debat calon presiden Amerika seperti pada saat Trump vs Hillary dan kemudian juga Obama dan lain sebagainya," katanya.

Debat kedua capres dalam Pemilu 2019 akan digelar pada 17 Februari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta mulai pukul 20.00 WIB. Debat kali ini akan dipandu moderator Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

Berbeda dengan debat sebelumnya di mana cawapres juga ikut debat, malam nanti debat hanya akan menampilkan capres.

[Gambas:Video CNN] (dis/sur)