Anies Bongkar Pasang 15 Pejabat Eselon II di DKI Jakarta

CNN Indonesia | Senin, 25/02/2019 18:36 WIB
Anies Bongkar Pasang 15 Pejabat Eselon II di DKI Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik 1.125 pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Senin (25/2). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik 1.125 pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Senin (25/2). Dalam sambutannya, Anies mengaku perombakan pejabat dilakukan sebagai sebuah bentuk penyegaran di organisasi.

"Bagi sebuah organisasi, rotasi dan mutasi bagian penyegaran. Organisasi butuh pembaruan. Bahkan kita sebagai manusia kita selalu pembaharuan sel tubuh," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (25/2).

Anies memberikan amanat agar para pejabat DKI bisa menjadi pemimpin yang menciptakan pengikut alias followers. Dia juga mengingatkan agar para pejabat mampu menciptakan suasana kerja yang menyenangkan namun tetap pada jalur cepat.


"Bapak Ibu harus bisa membangun suasana kerja yang positif. Bekerja yang menyenangkan datang dengan senang hati tapi kerja keras dan suasana saling support," ucap dia.


Hari ini ada 15 pejabat eselon II yang dilantik Anies dengan sistem rotasi, demosi dan promosi. Mereka ialah Kepala Dinas Pendidikan Ratiyono sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga. Posisi Ratiyono digantikan oleh Achmad Firdaus yang sebelumnya sebagai Kepala Badan Aset Daerah (BPAD).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kini dijabat Edy Junaedi yang sebelumnya menjabat sebagai Badan Pelayanan Modal Terpadu Satu Pintu. Posisi Edy digantikan oleh Benni Agus Chandra yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Cipta Karya.

Selanjutnya Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah dijabat oleh Faisal Syafrudin dan Kepala Satpol PP kini dijabat Arifin. Posisi Arifin sebelumnya sebagai Wakil Wali Kota Jakarta Selatan kini dijabat eks Kepala Dinas Lingkungan Hidup Isnawa Adji.


Sementara itu eks Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Subejo kini menjadi Kepala Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) DKI yang sebelumnya dijabat Jupan Royter. Kini, Jupan Royter menjabat sebagai Asisten Deputi Bidang Perindustrian dan Perdagangan.

Kemudian Yani Purwoko yang tadinya menjabat sebagai Kasatpol PP menjadi Asisten Deputi Bidang Budaya dan Wakil Satpol PP dijabat oleh Sahat Parulian. Asisten Deputi Bidang Tata Ruang dijabat sebagai Vera Revina Sari.

Terakhir tiga pejabat lainnya yang dilantik merupakan Kepala Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Mereka ialah Kepala RSUD Duren Sawit Theryoto, Kepala RSUD Koja dijabat Ida Bagus Nyoman dan Kepala RSUD Budhi Asih dijabat Tri Noviati.

(ctr/ain)