Adu Visi Kebudayan Ma'ruf Amin - Sandiaga di Debat Cawapres

CNN Indonesia | Minggu, 17/03/2019 22:35 WIB
Adu Visi Kebudayan Ma'ruf Amin - Sandiaga di Debat Cawapres Sandiaga Uno dan Ma'ruf Amin ungkap visi soal kebudayaan dan seni di debat cawapres. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kebudayaan menjadi salah satu tema yang diangkat dalam debat calon wakil presiden dalam Pilpres 2019. Dua cawapres, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno beradu gagasan soal visi kebudayaan yang diusung jika kelak mereka terpilih.

Dalam debat soal kebudayaan, Sandi mengawali dengan pernyataan Bung Karno saat bertemu Menteri Pertahanan Amerika Serikat tahun 1961. Saat itu menurut Sandi, Bung Karno menyatakan "Tuan mungkin memiliki bom atom tapi memiliki seni budaya yang tinggi".

"Tepat 60 tahun setelah itu Unesco menobatkan Indonesia super power di bidang seni budaya," kata Sandi, Minggu (17/3).


Sandi menilai saat ini program kemitraan pemerintah untuk pengembangan seni dan budaya masih kurang. Padahal dari seni dan budaya bisa dimunculkan peluang-peluang ekonomi. 


"Ini tercermin dari pariwisata. Kita akan tempatkan budaya jadi prioritas maka letupan ekonomi untuk anak muda kita," kata Sandi.

Untuk itu, Sandi menjanjikan, bersama Prabowo Subianto nanti, akan melibatkan universitas dan lembaga swadaya masyarakat untuk membuat budaya sebagai prioritas jika menang pilpres 2019.

"Prabowo-Sandi akan menyeimbangkan pembangunan manusia dan budaya," kata Sandi.


Sementara itu, cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin memastikan akan membuat anggaran budaya tersedia lewat dana abadi kebudayaan. Selain itu, bersama Jokowi, pihaknya akan memastikan pendidikan riset sehingga kebudayaan bisa berkembang lewat ekonomi kreatif.

"Kita akan adakan festival kebudayaan di setiap negara. Insya Allah kami akan bangun opera seperti yang ada di Sidney untuk exhibition dan kebutuhan budaya kita," kata Ma'ruf.

Ma'ruf juga mengklaim akan mengembangkan kearifan lokal dalam rangka membangun toleransi untuk mengembangkan menjadi nilai-nilai kehidupan yang personal dan kolektif kebangsaan.

"Nilai individual kebangsaan kita adalah warisan kebudayaan yang akan dijadikan konservasi budaya untuk kita jadikan nilai-nilai global," kata Ma'ruf.


Debat cawapres mengangkat empat tema yakni pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan budaya.

Debat cawapres kali ini digawangi Transmedia dan bisa disaksikan di CNN Indonesia TV dan seluruh stasiun televisi yang tergabung di bawah Transmedia.

Debat juga bisa disaksikan secara Live Streaming di halaman CNNIndonesia.com. Di situs CNNIndonesia.com, Anda juga bisa membaca menit per menit jalannya debat lewat Live Report, serta memeriksa kebenaran ucapan para cawapres lewat Cek Fakta.



(tst/DAL)