TNI Akui Terbitkan Pelat Mobil yang Dipakai Relawan Prabowo

CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 15:18 WIB
TNI Akui Terbitkan Pelat Mobil yang Dipakai Relawan Prabowo Prabowo-Sandi dalam satu acara. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komandan Pusat Polisi Militer TNI Mayjen Dedi Iswanto menyatakan plat bernomor 3005-00 yang digunakan Mitsubishi Pajero dalam acara relawan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno dalam sebuah acara di Bogor, Jawa Barat memang dikeluarkan oleh Detasemen Markas (Denma) Mabes TNI.

Namun, berdasarkan data yang teregistrasi, plat nomor tersebut seharusnya digunakan oleh mobil berjenis Mitsubishi Lancer, Bukan Mitsubishi Pajero.

"Hasil dari pengecekan dari data yang ada, di registrasi Mabes TNI bahwa nomor tersebut betul nomor militer yang ada di Mabes TNI. Nomor tersebut adalah 3005-00," ucap Dedi Iswanto saat konsferensi pers di Gedung Pusat Penerangan Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat (22/3).


"Namun, jenis kendaraannya tidak sesuai dengan registrasi yang ada di Mabes TNI. Di registrasi militer dalam hal ini Mabes TNI, berjenis Mitsubishi Lancer," lanjutnya.

Di tempat yang sama, Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayjen Sisriadi mengatakan bahwa saat ini plat nomor 3005-00 dan mobil Mitsubishi Lancer ada di Mabes TNI.


Meski demikian, pihak Mabes TNI tidak mengonfirmasi apakah plat yang digunakan dalam acara relawan Prabowo - Sandi asli atau hasil duplikasi.

"Plat itu bentuk fisik, jadi siapa saja bisa buat di tempat umum. Tapi secara registrasi yang dijelaskan Danpuspom, bahwa plat nomor yang tertera 3005-00 itu terdaftar atas nama mobil Mitsubishi Lancer," ucap Sisriadi.

"Jadi 3005 - 00 seharusnya dipakai oleh sedan jenis Lancer, dan mobilnya ada di sini, platnya ada di sini sekarang," lanjutnya.

Sisriadi menegaskan bahwa mabes TNI tidak pernah memberikan plat nomor kepada pihak lain, namun hanya kepada anggota yang masih berdinas.

"Kita tidak pernah memberikan plat nomor dinas kepada orang di luar dinas. Kalau pun ada itu serinya lain. Dan itu sudah kita tertibkan. Kita bisa mengenali dengan baik kalau ada plat yg bukan plat dinas ," kata Sisriadi.

Sisriadi lalu mengatakan pihaknya bakal melakukan penyelidikan untuk mengetahui permasalahan dengan lebih jelas. Terutama ihwal siapa yang menggunakan plat bernomor 3005-00 pada Mitsubishi Pajero di acara Relawan Prabowo - Sandi.


Sebelumnya, penampakan sebuah mobil bermerek Mitsubishi Pajero mendadak viral di media sosial. Mobil berpelat nomor milik TNI, 3005-00, itu disebut dipakai oleh relawan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam sebuah acara di Bogor, Jawa Barat.

Akun media sosial Twitter, @natalsetio, mengunggah video yang menampilkan penampakan mobil berpelat 3005-00 itu ke lini masanya, Jumat (22/3). Dalam video yang diunggahnya, terlihat seorang pria berbaju warna biru tengah menurunkan sejumlah kantong plastik berwarna merah dari bagasi mobil tersebut.

Dalam unggahan itu, @natalsetio pun menuliskan cuitan yang meminta agar pejabat di Markas Besar (Mabes) TNI mengecek kebenaran informasi penggunaan mobil tersebut.

[Gambas:Video CNN] (bmw/asa)