Berkas yang Perlu Dibawa Saat Pemilu 17 April 2019

CNN Indonesia | Selasa, 16/04/2019 09:58 WIB
Berkas yang Perlu Dibawa Saat Pemilu 17 April 2019 Ilustrasi pemungutan suara Pemilu 2019. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari pencoblosan Pemilu 2019 bakal dilaksanakan 17 April besok. Masyarakat yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) diminta membawa identitas agar diperbolehkan mencoblos.

Ketua Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos menyatakan masyarakat yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) bisa membawa satu dari dua pilihan identitas.

"Harus membawa C6 dan atau e-KTP atau paspor atau kartu keluarga atau SIM atau Suket pengganti e-KTP," kata Betty kepada CNNIndonesia.com, Selasa (16/4).


Betty menyampaikan pemilih masih boleh menggunakan hak suaranya jika tidak membawa C6. Asalkan mereka tetap membawa sejumlah identitas, seperti e-KTP.


"Untuk pemilih DPT kalau enggak ada c6nya tetap datang ke TPS. Dengan membawa dokumen yang disebut di atas," tegas dia.

Para pemilih yang ada di DPT dipersilakan memilih pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Sementara para pemilih Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) harus membawa surat A5 yang sebelumnya sudah diurus di TPS asal.

DPTb ialah pemilih yang melakukan pindah memilih dari TPS asal ke TPS tujuan.

"Jadi bawa A5 dan e-KTP atau paspor atau kartu keluarga atau SIM atau Suket pengganti e-KTP," ujar dia.


Sama dengan DPT, pemilih DPTb akan memilih pada pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB. Bagi DPTb pasti diberikan surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden. Namun untuk pemilihan calon legislatif hanya akan diberikan untuk TPS tujuannya di dapil yang sama.

"Dan apabila dapil (tujuannya) tidak sama maka tidak diberikan surat suara (caleg)," tambah dia.

Terakhir, bagi pemilih yang masuk Daftar Pemilih Khusus (DPK) harus datang membawa e-KTP atau suket pengganti e-KTP sesuai dengan alamat TPS. Waktu yang diberikan hanya dari pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB.

"Dengan catatan pemilih yang datang hingga pukul 13.00 WIB akan dilayani sampai selesai hak memilihnya di TPS," tutup dia.


[Gambas:Video CNN] (ctr/pmg)