Senyum Tipis 'Kemenangan' Jokowi di Djakarta Theater

CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 18:17 WIB
Senyum Tipis 'Kemenangan' Jokowi di Djakarta Theater Jokowi sambut kemenangan versi hitung cepat pilpres 2019. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gegap gempita tak terbendung di aula konferensi pers tim pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Gedung Djakarta Theater, Minggu (17/4).

Massa pendukung dan relawan berteriak histeris sambil meneriakkan yel yel kemenangan Pilpres 2019.

Berdasar hasil quick count atau hitungan cepat sejumlah lembaga survei menunjukkan Jokowi-Ma'ruf unggul dari lawan politiknya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.


Jokowi merespons kemenangan versi quick count dengan mengucap syukur, tanpa menunjukkan euforia yang berlebihan. Dia meminta pendukungnya untuk bersabar menunggu penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara Pemilu.

"Kita semuanya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada KPU, bawaslu, DKPP sehingga proses pesta demokrasi pileg dan pilpres telah berjalan dengan jujur dan adil," kata Jokowi mengawali pidatonya di hadapan ratusan pendukung di Djakarta Theater.

Belum selesai Jokowi berbicara, para pendukungnya terus meneriakkan dukungan. Tepat di sebelah kanan Jokowi hadir sekitar puluhan pendukung yang terus meneriakkan riuh kemenangan Jokowi-Ma'ruf.

"Jokowi, Jokowi, Jokowi," ucap para pendukung histeris.
Senyum Tipis 'Kemenangan' Jokowi di Djakarta ThaterJokowi merespons hasil quick count sejumlah lembaga survei di Pilpres 2019. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Dalam pidatonya, Jokowi hanya meminta masyarakat menunggu hasil resmi dari KPU. Ia juga meminta agar masyarakat merawat kebersamaan setelah pemilu berlalu.

Tak ada riang yang berlebih dari muka Jokowi, Ma'ruf, maupun jajaran ketua umum partai yang berdiri di belakang keduanya. Mereka hanya melepas senyum tipis di depan publik.

Tak berpanjang lebar, Jokowi menutup pidatonya dengan menyalami satu per satu petinggi partai pendukungnya. Mulai dari Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa, Ketua Umum Perindo Harry Tanoe, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Oedang dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Kemudian Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PSI Grace Natali, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra dan Ketua Umum PKPI Diaz Hendripriyono.

Terakhir, Jokowi bersalaman dengan Ma'ruf Amin dan melambaikan tangan ke media. 15 menit berlalu, Jokowi dan para pejabat Tim Kampanye Nasional masuk kembali ke ruang pantau.

Suasana berbeda tampak di dalam ruang pantau Jokowo-Ma'ruf yang dilengkapi layar lebar. Di sana Jokowi-Ma'ruf mematau hasil hitung cepat bersama Tim Kampanye Nasional.

Tak ada riuh kemenangan atau sorak sorai di salah satu ruangan Djakrta Theater tersebut. Semuanya hanya saling betbicara kecil satu dengan yang lain sambil memantau berita di media.
[Gambas:Video CNN]

Kendati begitu, tampak dari para pendukung yang terus berteriak histeris pasca Jokowi-Ma'ruf meninggalkan lokasi konferensi. Mereka tetap menyanyikan yel-yel Jokowi-Amin sebagai pemenang Pilpres 2019. (ctr/gil)