Polri Jamin Jalur Mudik Pantura Siap Pakai Sejak H-10 Lebaran

CNN Indonesia | Jumat, 26/04/2019 02:35 WIB
Polri Jamin Jalur Mudik Pantura Siap Pakai Sejak H-10 Lebaran Ilustrasi perbaikan jalur mudik di Pantura. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Indramayu, CNN Indonesia -- Kepolisian menyatakan perbaikan jalan di seluruh jalur pantura Jawa akan rampung sekitar sepekan hingga sepuluh hari sebelum hari raya Idul Fitri. Perbaikan jalan di sejumlah titik di Pantura diyakini tak akan menimbulkan kendala berarti bagi arus mudik tahun ini.

"Jalan sudah dipastikan akan selesai 10 hari sebelum Lebaran. Semua ruas jalan. Artinya 10 hari sebelum tanggal 5 dan 6 bulan Juni semua sudah selesai dengan baik," ucap Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri di Losarang, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (25/4).

Refdi berada di Losarang, Indramayu, dalam rangka pengecekan kesiapan jalan di jalur Pantura. Di sana rombongan Refdi menemukan sejumlah perbaikan jalan. Ada jalan yang masih dalam proses sehingga hanya satu lajur yang bisa dilalui kendaraan. Ada juga ruas jalan yang masih diperbaiki akibat sering dilalui kendaraan proyek pembangunan Pelabuhan Patimban.


Menyangkut temuan itu, Refdi tidak begitu khawatir. Ia mengklaim sudah mendapat jaminan dari petugas di lapangan bahwa semua perbaikan jalan bakal selesai pada waktunya.

"Ada yang menyatakan 30 hari menjelang hari H, ada juga yang menyatakan 10 hari menjelang hari H. Artinya selama Operasi Ketupat 2019, rasa-rasanya tidak ada kendala berarti untuk pergerakan mudik dan balik Lebaran di 2019," imbuhnya.

Refdi beserta jajaran terkait melakukan survei kesiapan jalur mudik tahun ini di sepanjang jalur Pantura dan jalur selatan. Adapun rute yang masuk dalam pengecekan merentang dari Bekasi, Cirebon, Brebes, Purwokerto, Banjar, Tasikmalaya, Bandung, dan kembali ke Jakarta.

Jalur non-tol menurut Refdi masih akan berperan penting dalam arus mudik tahun ini. Meski sudah ada tol trans-Jawa yang sudah rampung, ia meyakini kesiapan jalur Pantura dan selatan tetap penting karena masih banyak diminati pemudik, salah satunya pemudik dengan sepeda motor.

Kepolisian memprediksi jumlah pemudik tahun ini akan naik sekitar 20-30 persen dibanding tahun lalu. Puncak arus mudik perkirakan jatuh sekitar tiga hari sebelum hari raya Idul Fitri. (bin/wis)