Prabowo: Pernyataan Hendropriyono Rasis dan Mengadu Domba

CNN Indonesia | Rabu, 08/05/2019 17:11 WIB
Prabowo: Pernyataan Hendropriyono Rasis dan Mengadu Domba Calon presiden Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon presiden Prabowo Subianto menyebut pernyataan Hendropriyono yang menyinggung warga keturunan Arab, adalah rasis dan berpotensi mengadu domba masyarakat.

"Pernyataan saudara Hendorpriyono yang singgung masalah keturunan warga negara Indonesia dimana kami lihat bahwa pernyataan itu bersifat rasis dan berpotensi untuk mengadu domba dan pecah belah antar anak bangsa," kata Prabowo dalam keterangan pers di Kertanegara, Rabu (8/5).

Mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Hendropriyono kepada wartawan pada Selasa (7/5), melontarkan peringatan kepada Rizieq Shihab dan Yusuf Martak agar tidak merusak tertib sosial di dalam negeri. 

Dalam pernyataan itu Hendro juga mengungkit warga Indonesia keturunan Arab. Dia berkata banyak warga keturunan Arab mendapat penghormatan dari masyarakat. Oleh karena itu dia meminta sebagian warga keturunan Arab tidak melakukan provokasi atau ajakan turun ke jalan.
Prabowo: Pernyataan Hendropriyono Rasis dan Mengadu DombaHendropriyono. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)


"Kalau di kampung-kampung kita masih bisa lihat orang Arab datang ke kampung-kampung pada cium tangan. Berarti posisinya mereka kan berada pada tempat yang dimuliakan, mereka kemudian langsung atau tidak langsung terakui sebagai pemimpin informal, informal leader," kata Hendropriyono.


"Jangan malah memprovokasi revolusi, memprovokasi untuk turun melakukan gerakan politik jalanan. itu inkonstitusional," ujarnya menambahkan.

Menurut Prabowo ucapan Hendropriyono itu memprihatinkan karena terdapat nada ancaman. Apalagi, itu keluar dari orang yang dekat dengan lingkar kekuasaan. Meski demikian Prabowo meyakini apa yang diucapkan Hendropriyono itu tak lebih dari kekhilafan.

"Tapi kami perlu segera sampaikan pandangan kami karena kami yang sering dituduh bahwa kami bela suatu aliran Islam garis keras, HTI dan sebagainya," kata Prabowo.
[Gambas:Video CNN] (tst/wis)