Tol Satu Arah, Rute Jakarta Dialihkan ke Karawang dan Cianjur

CNN Indonesia | Senin, 20/05/2019 04:29 WIB
Tol Satu Arah, Rute Jakarta Dialihkan ke Karawang dan Cianjur Foto udara proyek pembangunan gerbang tol pengganti gerbang tol Cikarang Utama di kawasan ruas jalan tol Cipularang KM 67 dan tol Cipali KM 70, Purwakarta, Jawa Barat, 11 Mei 2019. (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Akibat rencana penerapan satu arah pada musim mudik lebaran 2019 di Jalan Tol Cikarang hingga Brebes Timur, kendaraan dari yang menuju Jakarta pun dibuang ke arteri di Karawang dan Cianjur.

Kapolres Purwakarta AKBP Matrius mengatakan demi mendukung kelancaran, pihaknya mengkaji rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan untuk pengguna jalan menuju Jakarta pada musim mudik nanti.

"Pengendara dari arah Jawa menuju Jakarta yang menggunakan jalur tengah, Sadang-Subang), nantinya akan diarahkan ke jalur Purwakarta-Bandung-Padalarang. Selanjutnya masuk ke jalur Cianjur-Bogor," tutur Matrius seperti dilansir Antara.



Selain itu, arus ke arah Jakarta pun dialihkan ke jalan arteri Kabupaten Karawang hingga wilayah Bekasi. Itu khusus untuk kendaraan yang melintasi jalur Pantura.

Di satu sisi, Matrius menduga jalur mudik di wilayah Purwakarta pada musim lebaran tahun ini diprediksi akan dipadati kendaraan pemudik.

Sebab pada musim mudik lebaran tahun ini, akan terapkan sistem satu arah di jalan Tol Jakarta-Cikampek dan jalan Tol Cipali khusus jalur dari arah Jakarta menuju Jawa.

Ditambah lagi dengan rencana pengaktifan gerbang tol baru yang merupakan peralihan dari gerbang Tol Cikarang Utama di wilayah Purwakarta, arus lalu lintas di wilayah Purwakarta akan semakin padat.

Oleh karena itu, kata Matrius, Polres Kabupaten Purwakarta menyiapkan pengaturan arus lalu lintas di jalan arteri.


Sistem satu arah di Tol Transjawa akan diberlakukan mulai dari Gerbang Tol Cikarang Utama KM29 hingga Gerbang Tol Brebes Barat KM262.

Pada puncak arus mudik, sistem satu arah akan diterapkan pada 30 Mei 2019 hingga 2 Juni 2019.

Sementara pada puncak arus balik akan diberlakukan dari tanggal 7 Juni hingga 9 Juni 2019. Refdi menyebut rekayasa ini adalah salah satu cara mengantisipasi kemacetan.

"Sistem satu arah itu antisipasi kemacetan. Penggunaan dua jalur dengan memanfaatkan semua lajur juga antisipasi kemacetan. Penggunaan rest area pada sistem satu arah juga antisipasi kemacetan," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri saat peninjauan rute mudik lebaran Jakarta-Surabaya-Bali di Gerbang Tol Brebes Barat, Jawa Tengah, Jumat (17/5).

Refdi mengatakan uji coba sistem satu arah akan dilakukan pada 30 Mei dan diharapkan bisa menyediakan gambaran dari dampak sistem tersebut.

Dia juga mengatakan pihaknya akan mengerahkan personel sesuai kebutuhan sehingga pergerakan dari Semarang ke Jakarta dan sebaliknya tidak terganggu dengan rekayasa arus tersebut.


[Gambas:Video CNN] (Antara/kid)