Jokowi Lantik Komisaris Freeport Indonesia Jadi Kepala BSSN

CNN Indonesia | Selasa, 21/05/2019 15:02 WIB
Jokowi Lantik Komisaris Freeport Indonesia Jadi Kepala BSSN Hinsa Siburian yang kini menjadi Kepala BSSN dikenal pula sebagai pensiunan jenderal yang pernah menjadi Pangdam Cenderawasih. (Detikcom/Wilpret Siagian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letnan Jenderal (Purn) Hinsa Siburian sebagai kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/5).

Hinsa dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 56/P 2019 Tentang Pengangkatan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara.

Jokowi lantas meminta kesediaan mantan Pangdam Cenderawasih itu diambil sumpah jabatan.


"Bersediakah diambil sumpah menurut agama Kristen Protestan?" kata Jokowi. "Bersedia," jawab Hinsa.


Jokowi lantas membacakan sumpah yang turut diikuti Hinsa.

"Saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar 1945 Republik Indonesia, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada negara," ujar Jokowi diikuti Hinsa.

Hinsa dilantik menggantikan Djoko Setiadi yang menjabat sejak 3 Januari 2018 lalu. BSSN merupakan lembaga yang langsung bertanggung jawab kepada Presiden Jokowi.

Hinsa merupakan pensiunan jenderal bintang tiga TNI AD. Ia sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat. Hinsa juga pernah menduduki Pangdam XVII/Cenderawasih pada 18 Agustus 2015 sampai dengan 25 April 2017.

Selain itu, di situs PT Freeport Indonesia yang diakses per berita ini ditulis, Hinsa juga tercatat sebagai salah satu komisaris di perusahaan tambang tersebut.

(fra/kid)