Prabowo Ziarah ke Makam Soeharto di Astana Giribangun

CNN Indonesia | Senin, 27/05/2019 16:51 WIB
Prabowo Ziarah ke Makam Soeharto di Astana Giribangun Calon presiden Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon presiden Prabowo Subianto menyambangi Kota Solo, Jawa Tengah. Kedatangan Prabowo dalam rangka berziarah ke Astana Giribangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar.

Di kompleks pemakaman itu, mantan mertua Prabowo yaitu mendiang Presiden Soeharto dan Tien Soeharto dimakamkan.

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak membenarkan hal tersebut. Dahnil mengatakan salah satu agenda kunjungan Prabowo ke Solo adalah untuk berziarah ke makam Presiden ke-2 RI Soeharto.


"Betul beliau ziarah. (Makam Soeharto) salah satunya," kata Dahnil ketika dikonfirmasi CNNIndonesia.com melalui pesan singkat.


Dahnil tak merinci siapa saja yang ikut dalam kegiatan itu. Dia juga tak menjelaskan apakah putra semata wayangnya, Ragowo Hediprasetyo atau Didit Hediprasetyo ikut dalam rombongan ziarah tersebut.

"Detailnya siapa saja saya kurang tahu," kata Dahnil.

Perwakilan Humas Bandara Adi Soemarmo Danardewi mengatakan pemberitahuan mengenai kedatangan Prabowo tersebut cukup mendadak.

"Tadi beliau didampingi rombongan, tidak terlihat juga mbak Titik (Titik Soeharto) mendampingi. Beliau keluar dari pesawat langsung menuju kendaraan," ujarnya dikutip Antara, Senin (27/5).


Prabowo menyambangi Kota Solo untuk menghadiri acara keluarga dengan menggunakan pesawat charter Embraer 190/9HNYC dari Jakarta. Prabowo tiba di Bandara Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, didampingi sejumlah stafnya.

Pada kesempatan itu, Prabowo mengenakan setelan berwarna cokelat muda, bertopi koboi, dan kacamata hitam. Sambil melambaikan tangan, Prabowo keluar dari terminal kedatangan penumpang.

Meski demikian, ia enggan berbicara banyak kepada sejumlah wartawan yang menunggu di bandara. "Ada acara keluarga," katanya saat akan memasuki kendaraan.


Pada saat itu, tidak terlihat sejumlah tokoh nasional dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) yang selama ini sering mendampingi Prabowo.

Usai pengumuman hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019 oleh KPU, pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Sandiaga telah mendaftarkan permohonan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) ke MK. Pendaftaran diajukan lewat tim hukum calon nomor urut 02 itu.

Pihak yang mewakili pendaftaran itu adalah Bambang Widjojanto, Denny Indrayana, Hashim Djojohadikusumo, Andre Rosiade, dan sejumlah tim dari Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi.

Ketua Tim Hukum Prabowo-Sandiaga, Bambang Widjojanto menyatakan ada 51 bukti yang dilampirkan dalam gugatan sengketa Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi. Bukti ini di meliputi sejumlah dokumen dan keterangan saksi-saksi.


[Gambas:Video CNN] (tst/pmg)