One Way, Warga Masih Bisa Melintas Tol Trans Jawa untuk Mudik

CNN Indonesia
Kamis, 06 Jun 2019 07:59 WIB
Pemudik setelah lebaran masih bisa melintasi Trans Jawa sebelum pukul 12.00 WIB karena one way diberlakukan pukul 12.00 WIB hingga 24.00 WIB Ilustrasi one way. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perhubungan menyatakan warga yang ingin mudik usai Lebaran tak perlu khawatir bakal terganggu dengan sistem satu arah (one way) yang akan diterapkan saat arus balik Lebaran. Pasalnya, sistem satu arah hanya berlaku pada jam-jam tertentu.

Ketua Harian Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Pandu Yunianto mengatakan mereka yang baru akan mudik tetap bisa menggunakan tol Trans Jawa keluar dari Jakarta meski sistem satu arah bakal diberlakukan selama arus balik.

"Masih bisa. Sepanjang jam itu. Kan (one way) berlakunya jam 12 siang. Kalau mau ke timur ya sebelum jam 12," kata Pandu di Gedung Kementerian Perhubungan, Rabu (5/6).


Sebelumnya, Kementerian Perhubungan bersama Korps Lalu Lintas Polri sepakat akan memberlakukan one way mulai 7-10 Juni sejak pukul 12.00-24.00 untuk memperlancar arus balik. Sistem satu arah dimulai dari KM 414 Kalikangkung sampai KM 70 Cikampek Utama. Jika lancar maka contraflow atau lawan arah bakal berlaku dari KM 70 sampai dengan KM 65.

Namun, kebijakan satu arah ini bersifat situasional. Pandu menyatakan one way bisa diperpanjang hingga KM 43 apabila terjadi kemacetan dan penumpukan mobil di jalan tol saat arus balik.

Oleh sebab itu, Ia mengimbau masyarakat yang ingin mudik saat arus balik berangkat sejak pagi. Adapun apabila pemudik masih berada di jalur tol pada pukul 12.00 WIB, maka mereka akan diarahkan ke jalan nasional. Menurutnya, sebenarnya mudik lebih nyaman jika melalui jalan nasional.


"Kalau lewat Pantura kan banyak kuliner. Ada sate tegal kan sudah enggak puasa. Kalau santai kan lebih enak jalan nasional," tuturnya sambil tertawa.

Sementara itu, saran berangkat lebih awal juga diberikan kepada para pemudik yang hendak balik ke Jakarta. Pandu mengatakan hal itu akan menyebabkan pemudik bisa kembali lebih cepat ke Barat dan menghindari penumpukan di rest area pada sore dan malam hari.

"Diimbau masyarakat melaksanakan manajemen waktu kalau bisa berangkat dari Solo, Semarang lebih awal, di pagi hari, sehingga pas sampai di rest area tidak mendekati salat asar apalagi maghrib," pungkasnya. (chr/agi)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER