Hari Kedua Lebaran, Belum Ada Kepadatan Arus Balik

CNN Indonesia | Kamis, 06/06/2019 13:06 WIB
Hari Kedua Lebaran, Belum Ada Kepadatan Arus Balik Ilustrasi pantauan arus balik. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --
Kepadatan kendaraan arus balik belum terlihat pada hari kedua Lebaran, Kamis (6/6). Saat ini, sebagian masyarakat masih memenuhi sejumlah tempat wisata.

Ketua Harian Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2019 Gede Pasek mengatakan hingga hari kedua Lebaran pada Kamis (6/6) pagi, masih belum terpantau kendaraan dari arah timur ke barat.

"Laporan tadi belum ada. Masih sibuk silaturahmi dan wisata," kata Gede Pasek di Kementerian Perhubungan, Kamis (6/6).

Ia mengatakan biasanya di hari kedua Lebaran, lebih banyak pergerakan lokal lantaran sebagian besar masyarakat, antara lain di wilayah Jabodetabek, Purwokerto, dan Malang memilih untuk bersilaturahmi dan berwisata di dalam kota.


Hal itu terlihat dari hasil laporan Korlantas Polri di mana kendaraan memadati sejumlah titik yang kebanyakan merupakan lokasi wisata, seperti jalan raya Lembang Bandung serta Simpang Gadog hingga Puncak.

Sementara, situasi tol Cikunir arah Cikampek juga padat akibat pertemuan kendaraan dari tol dalam kota dan JORR.

"Biasanya pengalaman di lapangan kita H1 sampai H2 didominasi pergerakan untuk berwisata dan silaturahmi," katanya.


Ia menyatakan hal ini tak perlu dikhawatirkan sebab Korlantas sudah biasa menghadapi hal ini. Mereka biasanya sudah menyiapkan pengaturan lalu lintas serta rekayasa jalan tergantung situasi di lapangan.

Gede berharap masyarakat bisa segera kembali ke wilayahnya usai bersilaturahmi demi mencegah penumpukan kendaraan pada puncak arus mudik yang diperkirakan pada 8-9 Juni 2019. Sebab, sebagian besar perusahaan akan kembali beroperasional pada 10 Juni.

"Seperti imbauan Pak Menteri (Budi Karya Sumadi) diharapkan sekarang sudah ada arus balik. Sebab diperkirakan puncaknya 8-9 Juni," tutur Gede.


(chr/agi)