KPU Setor Jawaban atas Gugatan Prabowo ke MK Sebelum Sidang

CNN Indonesia | Selasa, 18/06/2019 08:08 WIB
KPU Setor Jawaban atas Gugatan Prabowo ke MK Sebelum Sidang Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari. (CNN Indonesia/Ciputri Hutabarat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umun (KPU) akan menyerahkan dokumen jawaban termohon atas gugatan paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebelum sidang sengketa Pilpres 2019 yang kedua dimulai hari ini.

Komisioner KPU Hasyim Asy'ari menyampaikan pihaknya akan menyerahkan dokomen tersebut ke Mahkamah Konstusi (MK) pukul 08.30 WIB. Sidang kedua sengketa Pilpres 2019 dijadwalkan digelar mulai pukul 09.00 WIB.


"Jam 08.30 WIB di Kantor Kepaniteraan MK," kata Hasyim lewat keterangan tertulis.


Hasyim menyampaikan KPU telah melengkapi naskah jawaban dan daftar alat bukti (DAB) atas gugatan Prabowo-Sandi kemarin. Ia juga menegaskan KPU siap menjawab berbagai tuduhan yang dilayangkan Prabowo-Sandi pada sidang sebelumnya.

"KPU sudah siap menjawab segala tuduhan sebagaimana dinyatakan BPN 02 dalam naskah permohonan PHPU Pilpres 2019 dalam Sidang MK terdahulu pada Jumat 14 Juni 2019," tutur dia.


Sebelumnya, pada sidang perdana sengketa pilpres, Prabowo-Sandi membacakan gugatan versi perbaikan. Padahal Majelis Hakim memerintahkan untuk membaca gugatan awal yang diajukan pada 24 Mei 2019.

Usai memicu perdebatan dari tim hukum KPU, Jokowi-Ma'ruf, dan Bawaslu, MK memutuskan untuk memberi waktu semua pihak untuk merespons gugatan itu. Sehingga jadwal sidang mendengar jawaban pihak termohon, terkait, dan keterangan Bawaslu yang seharusnya digelar kemarin pun digeser hari ini.

Sementara itu, jelang gelaran sidang kedua hari ini, per pukul 07.55 WIB, pihak berperkara yang sudah tiba di Gedung MK baru salah satu anggota dari tim kuasa hukum Jokowi-Ma'ruf yang datang yakn I Wayan Sudirta.

Di satu sisi, demi menjamin keamanan sidang sengketa Pilpres di MK, polisi melakukan penutupan jalan di sekitar lembaga peradilan konstitusi tersebut.


[Gambas:Video CNN] (dhf/kid)