KPU Tetap Umumkan Kemenangan Jokowi Meski Prabowo Tak Hadir

CNN Indonesia | Minggu, 30/06/2019 14:20 WIB
KPU Tetap Umumkan Kemenangan Jokowi Meski Prabowo Tak Hadir Dua pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra menyatakan pihaknya tetap akan menetapkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih Pilpres 2019 meski Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tak hadir.

Prabowo-Sandi sebelumnya dikonfirmasi tidak hadir oleh Wakil Ketua Bidang Advokasi Partai Gerindra, Hendarsam Marantoko. Paslon 02 disebut sudah memiliki agenda lain.

"Ya enggak apa-apa, kan kita sudah undang jadi tidak ada konsekuensi apapun," kata Ilham di Kantor KPU, Jakarta, Minggu (30/6).

Ilham berujar KPU merencanakan momen kali ini sebagai pertemuan pertama Jokowi dan Prabowi usai Pilpres 2019. Hal itu dilakukan untuk menurunkan tensi ketegangan di masyarakat.


KPU bahkan memberi kesempatan bagi kedua paslon untuk menyampaikan pernyataan pers bersama seusai acara.

"Kita menginginkan kemudian fairness tercapai, kemudian seluruh orang yang berkontestasi hadir dan menerima hasil pemilu ini, kan idealnya seperti itu," ujar dia.

Meski begitu, Ilham mengonfirmasi perwakilan partai pendukung Prabowo-Sandi tetap akan datang di acara tersebut. Total ada 150 undangan yang akan hadir di acara ini.

KPU akan menetapkan paslon 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wapres terpilih Pilpres 2019 sore ini.

Penetapan paslon terpilih digelar KPU usai MK menolak seluruh gugatan Prabowo-Sandi dalam sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) pada Kamis (27/6).

Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018 mewajibkan KPU menetapkan paslon terpilih maksimal tiga hari setelah putusan MK.
[Gambas:Video CNN] (dhf/dea)