Usai Ditetapkan, Jokowi Ajak Prabowo-Sandi Ikut Bangun RI

CNN Indonesia | Minggu, 30/06/2019 16:48 WIB
Usai Ditetapkan, Jokowi Ajak Prabowo-Sandi Ikut Bangun RI Presiden Joko Widodo berjanji akan berusaha menjadikan Indonesia sebagai negara maju, sejajar dengan negara lainnya. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo mengajak Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno untuk ikut membangun Indonesia. Jokowi ingin membawa Indonesia menuju negara maju, sejajar dengan negara lainnya.

"Saya yakin beliau berdua adalah patriot yg ingin negara kuat maju adil dan makmur," ujar Jokowi usai ditetapkan sebagai presiden terpilih dalam rapat pleno terbuka penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih di kantor KPU Jakarta, Minggu (30/6).

Jokowi menekankan bersama dengan Wakil Presiden Terpilih Maruf Amin akan melanjutkan pondasi yang sebelumnya sudah dibangun bersama dengan Wapres Jusuf Kalla.



"Saya dan Kiai Maruf mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari rakyat untuk lanjutkan tugas emban amanat rakyat untuk menuju Indonesia maju dan bermartabat. Sejajar dengan negara lain," kata dia.

Terakhir, Jokowi juga menekankan agar rakyat Indonesia kembali bersatu dan melupakan perbedaan politik yang terjadi selama ajang pilpres.

"Saya minta rakyat Indonesia melupakan perbedaan politik yang memecah belah kita 01 dan 02. Pancasila satu," ujar dia.


Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih Pilpres 2019 pada hari ini, Minggu (30/6).

Jokowi-Ma'ruf dinyatakan memenangkan Pilpres 2019 dengan perolehan 85.607.362 suara atau 55,50 persen suara sah. Sementara Paslon 02 Prabowo-Sandi dinyatakan memperoleh 68.650.239 suara atau 45,50 persen suara sah. (tst/agi)