Tolak Rekonsiliasi, Emak-emak Demo di Depan Rumah Prabowo

CNN Indonesia | Jumat, 12/07/2019 17:42 WIB
Tolak Rekonsiliasi, Emak-emak Demo di Depan Rumah Prabowo Emak-emak berdemo menolak rekonsiliasi antara Prabowo-Sandiaga dengan Jokowi-Ma'ruf, di Kertanegara, Jakarta, Jumat (12/7). (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan emak-emak relawan pendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 menggelar aksi di depan kediaman pribadi calon presiden nomor urut 01, Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (12/7).

Massa yang menamakan dirinya Ikatan Keluarga Relawan (IKR) ini menolak rekonsiliasi antara Prabowo-Sandi dengan kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Berdasarkan pantauan, kebanyakan dari peserta aksi itu mayoritas ibu-ibu. Mereka kebanyakan mengenakan baju busana muslim beraneka warna


Tak hanya itu, beberapa diantara mereka tampak membawa spanduk berukuran besar dan sedang berisikan berbagai harapan kepada Prabowo untuk menolak rekonsiliasi dengan Jokowi. Misalnya, 'Tolak Rekonsiliasi', 'Kami Tetap Bersama Bapak', hingga 'Bapak Harus Bersama Kami'.

Saat tiba di depan kediaman Prabowo, mereka mulai menyanyikan yel-yel dan lagu-lagu perjuangan untuk menyemarakkan suasana.

Salah satu orator aksi menuntut agar Prabowo-Sandi tak melakukan rekonsiliasi dan merapat ke kubu sebelah seberang sana. Ia tak menjelaskan siapa kubu seberang sana yang dimaksud.

Salah satu tuntutan para emak-emak pendukung Prabowo-Sandi.Para emak-emak pendemo meminta Prabowo-Sandi tetap jadi oposisi. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Orator itu tak menginginkan agar Prabowo-Sandi mengkhianati perjuangan para relawan selama sembilan bulan untuk memenangkannya di kampanye Pilpres 2019.

"Kami masih ada pak, sembilan bulan kami berjuang, menjnggalkan anak, Pak, ingat darah segar relawan pak, jangan sampai bapak merapat keseberang sana, kami masih ada bersama bapak," kata orator.

Para peserta aksi ini juga menuntut agar Prabowo-Sandiaga tetap berpegang teguh untuk memilih jalan sebagai oposisi pemerintah. Mereka bersepakat untuk mengawal terus perjuangan bila keduanya memilih jadi oposisi.

"Kita bangkit dan rapatkan oposisi, kami siap oposisi, kami siap membela bapak sampai titik darah penghabisan," kata orator

Selang 20 menit aksi berjalan, para peserta aksi pun membubarkan diri secara tertib. Prabowo sendiri pun diketahui sedang tak berada di kediaman pribadinya itu saat aksi berlangsung.

Sejumlah aparat kepolisian dari Polres Jakarta Selatan terlihat berjaga-jaga di sekitar kediaman Prabowo mengamankan jalannya aksi. Lalu lintas di sekitar Jalan Kertanegara sendiri semlat tersendat saat jalannya aksi.

Dua kompetitor di Pilpres 2019, Prabowo dan Jokowi.Dua kompetitor di Pilpres 2019, Prabowo dan Jokowi. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Diketahui, ada dua pasangan di Pilpres 2019, yakni Prabowo-Sandi dan Jokowi-Ma'ruf. Mahkamah Konstitusi (MK) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan kemenangan pasangan nomor urut 01.

Wacana rekonsiliasi antara dua kubu kemudian mengemuka. Partai Gerindra yang dipimpin oleh Prabowo Subianto ditawari posisi di pemerintahan Jokowi kelak. Partai Demokrat dan PAN pun disebut mulai merapat ke pemerintah. Sejauh ini, partai koalisi pendukung Prabowo-Sandi yang menyatakan menjadi oposisi baru PKS.

Hal itu kemudian menuai protes sejumlah pendukung militan kubu 02, terutama di media sosial, dan kini melalui demo langsung di depan kediaman Prabowo.

[Gambas:Video CNN] (rzr/arh)