Wasekjen PKB: Pak Lukman Gagal Benahi Kementerian Agama

CNN Indonesia | Sabtu, 20/07/2019 15:41 WIB
Wasekjen PKB: Pak Lukman Gagal Benahi Kementerian Agama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maman Imanulhaq menyebut Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin gagal dalam menjalankan tugas sebagai menteri.

"Pak Lukman gagal dalam menjalankan tugas menteri. Juga gagal membenahi Kementerian Agama," kata Maman Imanulhaq pada diskusi "Polemik: Ngebut Munas Jelang Pembentukan Kabinet" yang diselenggarakan sebuah radio swasta di Jakarta, Sabtu (20/7) seperti dilansir dari Antara.


Dalam diskusi tersebut, Maman juga menyoroti gaya kepemimpinan Lukman.


Menurut Maman, politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu kurang mampu mempengaruhi anak buahnya untuk mengimplementasikan kebijakan. Meski demikian dia tetap menganggap Lukman sebagai seorang negarawan.

Tidak hanya kinerja, Maman juga mengkritisi halaman parkir kantor Kementerian Agama tempat Lukman berkantor. Dia pun membandingkannya dengan halaman parkir di kementerian lainnya.

"Kalau halaman parkirnya saja jelek, menterinya juga jelek," kata Maman.


Namun, saat ditanya soal pergantian kabinet, anggota Komisi VIII DPR RI itu mengatakan bahwa hal itu merupakan hak prerogatif presiden.

"Kalau soal diganti atau tidak, silakan tanya kepada Pak Jokowi," kata Wakil Sekjen PKB ini.

Maman menegaskan, pada kabinet mendatang, siapapun menteri agama yang ditunjuk oleh Jokowi, dia adalah sosok pemberani, serta menjunjung tinggi Pancasila dan konsisten menjaga NKRI.

Pada kesempatan tersebut, Maman juga menyindir Lukman Hakim terkesan membiarkan adanya jual beli jabatan di kementeriannya.

Sementara itu, politisi PPP Ahmad Baidowi yang juga menjadi pembicara pada diskusi tersebut, menegaskan, mengukur kinerja menteri tidak bisa hanya dilihat dari halaman parkir di gedung kementerian. "Halaman parkir dan kinerja menteri tidak ada kaitannya," katanya.


Kata dia, ada lembaga lain yang mengukur kinerja kementerian dan lembaga, misalnya Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang mengaudit laporan keuangan di semua kementerian dan lembaga.

Baidowi yang akrab disapa Awik juga menyindir Maman bahwa dia melontarkan pernyataan tersebut karena juga ingin menduduki jabatan menteri agama pada pemerintahan berikutnya.

[Gambas:Video CNN] (Antara/dea)