Dishub Jelaskan Jalur Alternatif ke RSCM Hindari Ganjil Genap

CNN Indonesia | Selasa, 13/08/2019 14:13 WIB
Dishub Jelaskan Jalur Alternatif ke RSCM Hindari Ganjil Genap Petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan sosialisasi uji coba perluasan sistem ganjil genap kepada pengendara di kawasan Rawamangun, Jakarta, Selasa 13 Agustus 2019. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan rute alternatif yang bisa ditempuh masyarakat untuk mengakses Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang terkena aturan ganjil genap.

Menurut Syafrin, pengendara bisa mengambil jalan dari kawasan Matraman menuju Tugu Proklamasi.
"Kemudian masuk Jalan Diponegoro lalu belok kiri ke arah RSCM, lewat depan Lembaga Bantuan Hukum (LBH)," kata Syafrin saat dihubungi, Senin (12/8).

Sementara itu, untuk mengakses Rumah Sakit St. Carolus, Syafrin menyarankan agar pengendara melalui kawasan RSCM juga. Dengan begitu masyarakat tidak perlu melintas di jalan yang terkena aturan ganjil genap.


"Kemudian ke RS Carolus, juga sama setelah RSCM bisa masuk ke Carolus lewat RSCM, karena pintu RS Carolus ada di depan RSCM," ujar Syafrin.
Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bakal mempertimbangkan sejumlah jalur ganjil genap kembali. Salah satunya akses pengendara menuju rumah sakit.

Seluruh aspirasi masyarakat itu akan ditampung Anies selama masa uji coba dan sosialiasi ganjil genap sejak 7 Agustus hingga 8 September 2019. Setelahnya Anies akan mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang pembatasan tersebut.

"Pergubnya pun belum dikeluarkan, karena memang sedang masa uji coba, jadi terima kasih, feedback dari masyarakat membantu kita untuk bisa membuat implementasinya," kata Anies.

Perluasan ganjil genap di sekitar Jakarta Pusat akan diberlakukan di Jalan Salemba Raya, Jalan Kramat Raya dan Jalan Senen Raya. Kemudiam ganjil genap juga diterapkan di Jalan Gunung Sahari, Jalan Matraman dalam hingga Jalan Tambak.

[Gambas:Video CNN] (ctr/pmg)