Megawati Disebut Akan Tunjuk Kader untuk Ketua DPRD Jakarta

CNN Indonesia | Selasa, 13/08/2019 17:22 WIB
Megawati Disebut Akan Tunjuk Kader untuk Ketua DPRD Jakarta Politikus PDIP Gembong Warsono. (Detikcom/Ari Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Fraksi PDI-Perjuangan di DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menyatakan bahwa Ketua DPRD DKI periode berikutnya akan ditunjuk langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Iya, kalau PDI-Perjuangannya ketua, iya, cuma siapanya, nanti DPP yang mutusin. Iya [Megawati yang memutuskan]," kata Gembong saat ditanya soal wewenang Ketua Umum PDIP itu, Selasa (13/8).
Sebelumnya, KPU DKI Jakarta menetapkan anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024. hasilnya, PDIP merajai DPRD DKI dengan raihan 25 kursi, yang menjadikannya meraih posisi ketua dewan. Kemudian, Partai Gerindra meraih 19 kursi, PKS 16 kursi, Partai Demokrat 10 kursi, dan PAN sembilan kursi.

Setelah pelantikan anggota dewan, akan ada pemilihan perangkat DPRD DKI yang baru, yakni satu ketua DPRD DKI dan empat wakil ketua.


Gembong menjelaskan DPP PDIP akan menugaskan salah satu dari 25 anggota PDIP yang lolos di DPRD DKI sebagai ketua dewan. Sejauh ini, kata dia, belum ada kabar pasti terkait sosok pimpinan DPRD nantinya.

"Ah belum, belum. Dari DPP. Itu penugasan nanti dari DPP siapa yang ditugaskan dari 25 anggota yang terpilih itu," tegas Gembong.

Saat ini, Ketua DPRD DKI dipimpin oleh Prasetio Edi Marsudi. Kemudian Wakil Ketua DPRD DKI dipimpin oleh Mohamad Taufik dari Partai Gerindra, Triwisaksana dari PKS dan dari PPP Ichwan Zayadi.

Berdasarkan hasil penetapan KPU, Prasetio dan Gembong termasuk dalam 25 nama anggota DPRD DKI dari Fraksi PDIP periode 2019-2024. 

[Gambas:Video CNN]
(CTR/arh)