Jokowi Anggap Pramuka Bisa Cegah Anak Muda Jadi Intoleran

fra, CNN Indonesia | Rabu, 14/08/2019 22:01 WIB
Jokowi Anggap Pramuka Bisa Cegah Anak Muda Jadi Intoleran Presiden Jokowi menganggap gerakan Pramuka bisa mencegah kalangan muda dari penyalahgunaan narkoba dan sikap intoleran.(CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan gerakan Pramuka dapat mencegah anak-anak muda dalam penyalahgunaan narkoba, intoleransi hingga penggunaan media sosial yang dipenuhi ujaran kebencian, kabar bohong, serta pornografi.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan dalam upacara peringatan Hari Pramuka ke-58 di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/8).

"Termasuk dalam membentuk generasi muda yang rela menolong, tabah, cinta tanah air,  berani dan siap mempertahankan keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," kata Jokowi.


Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan bahwa kodrat Indonesia menjadi bangsa yang beragam dan majemuk. Ada sekitar 714 suku dan lebih dari 1.100 bahasa daerah di Tanah Air. Kondisi tersebut, lanjutnya, harus disyukuri bersama.

"Alhamdulillah gerakan pramuka telah memberikan contoh bagaimana keberagaman yang ada justru memperindah, dan menyatukan semua anggota Pramuka," ujarnya.
Jokowi menyatakan gerakan Pramuka telah mampu menyatukan perbedaan suku, agama, ras, dan antargolongan. Menurutnya, gerakan Pramuka juga mengedepankan semangat musyawarah, persaudaraan, persatuan, dan perdamaian.

Gerakan yang identik dengan pakaian serba cokelat itu, kata Jokowi, telah mencontohkan semangat cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Gerakan Pramuka turut memberi contoh upaya memanfaatkan kekayaan alam dan tradisi Indonesia.

"Misalnya saat ini penggunaan bambu dan kayu serta tali-temali untuk membuat berbagai peralatan. Sampai dengan memanfaatkan tumbuhan dan kekayaan alam Indonesia sebagai bagian dari konsumsi pramuka pada saat berkemah dan lain-lain," katanya.
Jokowi lalu mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada kakak pembina Pramuka yang tersebar di seluruh Indonesia. Menurutnya, para kakak pembina itu sudah secara sukarela mencurahkan waktu dan tenaga dalam membina para peserta didik Pramuka.

Presiden terpilih itu lantas meminta kepada seluruh kepala daerah, baik gubernur, bupati, wali kota, serta ketua majelis pembimbing daerah masing-masing untuk memberikan perhatian dan dukungan penuh pada kemajuan gerakan Pramuka di daerah.

"Karena gerakan pramuka adalah tempat semuanya calon-calon pemimpin bangsa di masa depan karena gerakan Pramuka membentuk manusia-manusia Pancasila yang tangguh yang tahan banting, yang berakhlak mulia," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka mendapat anugerah Lencana Tunas Kencana dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso alias Buwas.
[Gambas:Video CNN] (bmw/ugo)