Aku & Jakarta

Deretan Sneakers dan Konten Youtube Aditya

Aulia Bintang Pratama, CNN Indonesia | Kamis, 05/09/2019 19:53 WIB
Jakarta, CNN Indonesia -- 2008 adalah awal dari rasa suka Anugrah Aditya terhadap sepatu atau sneakers.

Saat itu dia naksir terhadap sneakers dari sebuah brand ternama dunia dan akhirnya dia menyisihkan uangnya demi bisa membeli sepatu impiannya tersebut.

Bertahun-tahun kemudian, tepatnya pada 2015, Aditya mulai berpikir untuk membuat konten video yang bertema sneakers.

Pertanyaan orang-orang soal sneakers setiap kali dia melancong ke luar negeri dan kecintaannya terhadap sneakers menjadi dorongan utama akhirnya dia memutuskan untuk membuat channel di Youtube dan mendalami dunia konten kreasi.

Untuk memberikan edukasi mengenai sneakers, Aditya harus mencari cara agar dia bisa mendapatkan sepatu-sepatu yang akan dijadikan konten.

Akhirnya dia kembali harus menyisihkan tabungannya demi membeli sepatu sembari mendekati para penjual sneakers agar mau diajak kerja sama dan meminjamkan koleksi sneakers mereka.

Seiring berjalannya waktu, kecintaan akan sneakers dan tuntutan membuat konten membuat Aditya akhirnya menjadi kolektor sneakers.

Hingga kini Aditya "hanya" memiliki 30 sneakers karena dia memiliki prinsip bahwa sneakers dibeli untuk digunakan, bukan hanya untuk menjadi koleksi.

Aditya lebih rela sneakers yang dia punya rusak karena sering digunakan daripada rusak karena tak pernah digunakan.

Selama mengoleksi sneakers, Aditya tak pernah mengeluarkan uang lebih dari Rp5 juta untuk membeli sneakers yang dia inginkan karena menurutnya nilai dari sepatu-sepatu yang ada tak pernah lebih mahal dari itu.

Sekalipun dia pernah mengeluarkan uang lebih banyak, itu karena dia menyadari bahwa sneakers yang dibeli nilainya akan melonjak tinggi dalam kurun waktu beberapa bulan dan bisa memberi keuntungan baginya jika nanti sneakers itu akan dia jual.

Bagi Aditya, pekerjaan sebagai konten kreator membuatnya semakin paham dengan permainan sepatu alias shoe game. Dia menuturkan semakin dalam orang memahami soal sneakers maka seharusnya mereka bisa membeli sepatu dengan harga yang semakin murah.