Usai Rusuh, Kendaraan Water Cannon dan Barracuda Siaga di KPK

CNN Indonesia | Sabtu, 14/09/2019 13:41 WIB
Usai Rusuh, Kendaraan Water Cannon dan Barracuda Siaga di KPK Pengamanan di gedung KPK. Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono
Jakarta, CNN Indonesia -- Tiga kendaraan taktis (rantis) Polda Metro Jaya disiagakan untuk menjaga Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Sabtu (14/9). Pengamanan Gedung KPK diperketat usai kerusuhan pada Jumat (13/9) sore.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, sejak pagi ada dua mobil  dan satu barracuda diparkirkan persis di depan Gedung Merah Putih KPK.

Belasan pasukan gabungan dari satuan Sabhara dan Brimob juga disiagakan di sekitar KPK. Mereka dilengkapi perisai dan motor pengurai massa.


Suasana di KPK terpantau sepi sejak pagi. Selain aparat polisi, hanya petugas keamanan dan kebersihan yang terlihat berada di kantor Komisi Antirasuah.

Tidak tampak pegawai atau pimpinan karena aktivitas perkantoran di KPK ditiadakan setiap akhir pekan.

Sebelumnya, kerusuhan sempat pecah usai Sekelompok massa yang tergabung dalam Himpunan Aktivis Milenial Indonesia serta Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Relawan NKRI menggelar unjuk rasa di depan Gedung Merah Putih, KPK, Jakarta (13/9).

Massa aksi sempat membakar ban dan karangan bunga. Mereka meminta agar DPR melakukan revisi UU KPK. Selain itu, Massa juga meminta agar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dan Wadah Pegawai (WP) menarik pernyataannya terkait dengan adanya dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Irjen Firli Bahuri.

Kerusuhan pecah saat massa mencoba masuk ke dalam Gedung KPK dengan tujuan untuk bertemu pimpinan KPK. Massa juga merangsek masuk untuk mencopot kain hitam di logo KPK. Alhasil bentrokan massa dan aparat pun tak terelakkan.

[Gambas:Video CNN] (dhf/asa)