Moeldoko Prihatin Banyak Korban Tewas di Papua

CNN Indonesia | Selasa, 24/09/2019 11:49 WIB
Moeldoko Prihatin Banyak Korban Tewas di Papua Kepala Staf Presiden Moeldoko. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan bahwa stabilitas di Papua adalah stabilitas Indonesia. Menurut Moeldoko, stabilitas suatu daerah penting untuk memudahkan pembangunan di wilayah tersebut. Ia menyebut jatuhnya korban tewas di Papua saat kerusuhan adalah hal yang sangat memprihatinkan.

"Saya ingin katakan stabilitas Papua adalah stabilitas Indonesia. Dan stabilitas Indonesia adalah stabilitas Papua," kata Moeldoko saat bertemu pimpinan DPRD kota/kabupaten se-Papua dan Papua Barat di Kantor Staf Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (24/9).

"Tidak ada sebuah negara manapun yang tidak stabil, bisa membangun negaranya," ujarnya menambahkan.


Moeldoko menyinggung peristiwa di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya dan Kota Jayapura, Papua, kemarin. Dalam kejadian itu, jatuh korban tewas baik tentara maupun sipil.

Berdasarkan laporan terakhir pihak kepolisian, 22 orang sipil dan satu tentara tewas.

"Ini sungguh sangat prihatin, apakah itu masyarakatnya apakah itu aparatnya. Kita sungguh sangat prihatin," ujarnya.

Mantan Panglima TNI itu lantas mengajak semua pihak untuk menjaga situasi di Papua terus stabil. Ia mengatakan membuka ruang komunikasi kepada para pihak yang ingin menyampaikan aspirasi soal Papua.

"Karena saya mendampingi bapak presiden, kita komunikasi, saya membuka diri sepenuhnya. Pintu kami terbuka, sepenuhnya, karena semua persoalan bisa diselesaikan dengan sebaik-baiknya," tuturnya.

Moeldoko lantas meminta para pimpinan anggota dewan itu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat di masing-masing daerahnya. Ia juga meminta mereka untuk menyerap aspirasi masyarakat setempat.

"Sehingga berbagai keluhan-keluhan yang dihadapi masyarakat Papua bisa ditangani dengan baik," katanya.

[Gambas:Video CNN]


(fra/wis)