Kala Candaan Mahasiswa Lampung Berujung Tewas Tenggelam

CNN Indonesia | Selasa, 08/10/2019 02:12 WIB
Kala Candaan Mahasiswa Lampung Berujung Tewas Tenggelam Ilustrasi. (mkaragoz/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua mahasiswa Universitas Islam Negeri Lampung tewas tenggelam di embung belakang kampus, Senin (7/10). Peristiwa ini berawal dari gurauan ulang tahun.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad membenarkan peristiwa yang merenggut nyawa dua mahasiswa Fakultas Matematika bernama Ajrul Amin (18) dan Ikbal Firmansyah (18) tersebut.

"Dua orang mahasiswa UIN tewas tenggelam di embung belakang Kampus Tarbiyah UIN Lampung," ujar Pandra melalui keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com
Pandra kemudian menjelaskan kronologi yang menimpa keduanya. Awalnya Ajrul, Ikbal, dan tiga rekannya menuju embung dengan tujuan merayakan ulang tahunnya. Namun saat sampai di embung tersebut, Ikbal melemparkan sepatu Ajrul ke tengah embung. 


"Hanya bercandaan saja, karena mau merayakan ulang tahun itu," tutur Pandra. 

Ajrul pun mencoba mengambil sepatunya yang berada di tengah embung tersebut. Namun saat berenang ke tengah embung, Ajrul justru tenggelam. 
Tak lama kemudian, Ikbal juga ikut berenang menuju tengah embung demi menolong Ajrul. Namun, Ikbal juga ikut tenggelam saat menolong Ajrul. 

"Ikbal hendak membantunya karena dia yang melemparkan sepatu tersebut. Sesampainya di tengah embung hendak membantu korban, dia juga ikut tenggelam dan tidak timbul lagi," kata Pandra. 

Ketiga rekannya yang menyaksikan pun melaporkan peristiwa itu ke pihak kampus. Mereka juga meminta bantuan polisi dengan dibantu BNPB. Sekitar 20 menit kemudian, kedua korban ditemukan dalam keadaan tak bernyawa. 

[Gambas:Video CNN]
Pandra mengatakan kedua orang tua korban telah menerima peristiwa itu dan tidak mengajukan tuntutan. 

"Kedua keluarga korban sudah menerima peristiwa itu dan tidak melakukan tuntutan. Mereka sudah mengikhlaskan," ucapnya.  (gst/has)