Akses ke Istana Dihalau Kawat Berduri, Polisi Jaga Ketat

CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 08:15 WIB
Akses ke Istana Dihalau Kawat Berduri, Polisi Jaga Ketat Jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, pengetatan keamanan di area Istana Negara, Jakarta Pusat telah dikerahkan. (CNN Indonesia/ Feybien ramayanti)
Jakarta, CNN Indonesia -- Akses jalan menuju Istana Kepresidenan Jakarta menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, ditutup pagar berduri, Minggu (20/10).

Pantauan CNNIndonesia.com, pukul 07.00 WIB, sejumlah ruas jalan menuju Istana sudah ditutup. Sedangkan pejalan kaki masih terlihat berlalu-lalang. Kebanyakan dari mereka mengaku tidak tahu bahwa car free day ditiadakan hari ini.

Akses jalan yang ditutup antara lain daerah Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat sampai Jalan Medan Merdeka Utara. Kemudian Jalan Budi Kemuliaan hingga Jalan Abdul Muis. Sementara itu dua kendaraan barracuda terlihat bersiaga di depan Markas Pusat Polisi Militer Angkatan Darat.


Jalan-jalan tersebut ditutup pagar kawat berduri yang membentang menutup ruas jalan. Terlihat puluhan aparat TNI berjaga di sekitar Jalan Medan Merdeka Barat. Juga terpantau puluhan aparat kepolisian yang tengah berkumpul. Beberapa anggota Korps Marinir bersiaga Jalan Abdul Muis.
Selanjutnya Jalan Veteran III juga ditutup. Ruas jalan yang dibuka hanya Jalan Ir Juanda dan Jalan Majapahit menuju pintu gerbang Kementerian Sekretariat Negara.

Anggota TNI maupun Polri tak memperbolehkan masyarakat melintas ke ruas jalan yang ditutup sejak sekitar pukul 06.00 WIB.

Kawasan Wisata Monas juga ditutup pada hari ini berkenaan dengan acara pelantikan Jokowi-Ma'ruf sebagai. Monas tidak bisa dikunjungi masyarakat demi mengantisipasi gangguan keamanan di sekitar Istana Negara.

Kepala Seksi Ketertiban UPT Monas, Yayang Kustiawan mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan TNI-Polri sebelum memutuskan untuk menutup kawasan Monas.

"Hasil koordinasi dengan TNI-Polri, jadi semua kawasan akan ditutup sepenuhnya, karena lokasinya berada di ring satu. Sebagai langkah antisipasi untuk menekan adanya kejahatan di lingkup istana," kata Yayang mengutip Antara, Minggu (20/10).
[Gambas:Video CNN]
Di samping untuk mengantisipasi gangguan keamanan, Monas juga ditutup lantaran dijadikan tempat transit dan sterilisasi tamu yang akan datang ke Istana Negara. Menurut Yayang, hal tersebut juga biasa dilakukan saat Hari Raya Idul Fitri ketika presiden menggelar open house.

Diberitakan sebelumnya, pelantikan Jokowi-Ma'ruf akan dilantik sebagai presiden-wakil presiden di Gedung DPR/MPR pada hari ini, Minggu (20/10). Acara pelantikan bakal dipimpin oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Setelah itu, Jokowi-Ma'ruf langsung ke Istana Negara. Tidak ada parade yang dihadiri para relawan dan simpatisan.

Mulanya, parade memang ingin dilakukan oleh para relawan di Patung Kuda sampai Istana Negara, namun, dibatalkan.
(fey)