Jokowi: Menteri Tak Serius Kerja, Saya Copot Tengah Jalan

CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 09:33 WIB
Jokowi: Menteri Tak Serius Kerja, Saya Copot Tengah Jalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di teras Istana Merdeka, Rabu (23/10). CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengancam mencopot para menteri di Kabinet Indonesia Maju yang tak serius bekerja.

Hal itu dilontarkan Jokowi setelah membaca pengumuman menteri baru di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10).

"Semua harus serius dalam bekerja. Saya pastikan yang enggak serius, hati-hati bisa saya copot di tengah jalan," kata Jokowi kepada para menteri di kabinet barunya.


Tak hanya itu, Jokowi pun meminta 35 menteri barunya untuk pula rajin turun ke lapangan. Ia meminta para pembantunya bertemu masyarakat guna menemukan solusi.

Jokowi juga meminta para menteri untuk tidak melakukan korupsi. Sebaliknya, para menteri diperintahkan untuk membangun sistem pencegahan korupsi di institusi masing-masing.

Mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu juga melarang para menteri terjebak rutinitas monoton. Jokowi lalu menegaskan kepada menteri kabinet baru ini harus bekerja dengan orientasi kerja nyata serta mematuhi visi dan misi Presiden-wakil presiden.

"Tidak ada visi misi menteri, ketiga kita semua harus kerja cepat, keras, dan produktif," ujar Jokowi.

[Gambas:Video CNN]
Sebelumnya, Jokowi mengumumkan 35 menteri barunya kepada publik. Nama-nama menteri baru Jokowi ini telah dipanggil sebelumnya ke Istana secara bergantian sejak Senin (21/10. Kabinet baru juga diwarnai muka baru seperti Nadiem Makarim (Mendikbud), Erick Thohir (Menteri BUMN), dan Prabowo Subianto (Menhan).

(fra/kid)