Soal Sindiran Jokowi, Puan Imbau NasDem Tak Langgar Komitmen

CNN Indonesia | Senin, 11/11/2019 19:00 WIB
Soal Sindiran Jokowi, Puan Imbau NasDem Tak Langgar Komitmen Ketua DPP PDIP Puan Maharani. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, mengingatkan Partai NasDem tak melanggar etika dan komitmen politik saat menjajaki keputusan untuk memilih koalisi dengan seluruh partai pengusung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Ada juga fatsun-fatsun politik yang kemudian tidak boleh kita langgar atau langkah sebagaimana komitmen kita waktu menjajaki dalam satu gabungan partai pendukung pemerintah," kata Puan saat ditemui di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/11).

Hal itu ia sampaikan merespon sindiran Jokowi terhadap Ketum NasDem Surya Paloh yang dinilainya sangat cerah setelah berangkulan dengan Presiden PKS Sohibul Iman.


Melihat hal itu, Puan menyarankan agar Paloh mampu bersama-sama membangun Indonesia ke depannya secara solid dan saling bergotong royong bersama koalisi yang mengantar Jokowi-Ma'ruf Amin menjadi kepala pemerintahan.

Tak hanya itu, Puan turut merespon langkah Nasdem yang ingin menjaring para kepala daerah untuk dicalonkan sebagai Capres tahun 2024. Menurutnya, manuver NasDem itu sah-sah saja sebagai sebuah partai politik.

Puan mengatakan PDIP enggan untuk mengikuti manuver NasDem tersebut. Ia mengaku pihaknya masih berfokus untuk melakukan sinergitas pemerintahan selama lima tahun kedepan

"Masih panjang. Baru juga Presiden-Wakil Presiden dilantik," kata perempuan yang juga menjabat Ketua DPR tersebut.

[Gambas:Video CNN]
Tak hanya itu, Puan turut memastikan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan dirinya akan hadir dalam acara puncak HUT Partai Nasdem yang akan digelar malam ini (11/11). Ia menegaskan NasDem masih teman berkoalisi di pemerintahan Jokowi sampai saat ini.

"Insyaallah datang. Orang namanya temen kok. Temen koalisi. Selama tidak ada halangan yg sangat urgent, insyaallah kita dateng," kata dia.
(rzr/kid)