Anies Sebut 211 Sekolah di Jakarta Terdampak Banjir

CNN Indonesia | Minggu, 05/01/2020 16:39 WIB
Sebanyak 211 dari 2.800 sekolah, dan 22.500 siswa di Jakarta terdampak banjir. Sebanyak 211 dari 2.800 sekolah, dan 22.500 siswa di Jakarta terdampak banjir. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi).
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 211 sekolah di ibu kota terdampak banjir usai hujan deras di pengujung tahun 2019 hingga 1 Januari lalu. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan sebagian besar sekolah yang terkena banjir masuk dalam tahap pembersihan.

"Jadi, jumlah sekolah yang terdampak kemarin 211 sekolah dari 2.800 sekolah. Lalu, yang sudah surut airnya dan proses pembersihan itu 208 sekolah per tadi malam," tutur Anies di Kampung Makassar, Jakarta, Minggu (5/1).

Tiga sekolah tersebut, kata Anies, juga sedang dalam tahap pembersihan. Ia optimistis ketiga sekolah itu bisa digunakan besok hari.


"Saya yakin hari ini, saya yakin sudah semuanya tuntas. Jadi, insyaallah 211 sekolah itu sudah semuanya bebas," tegas dia.

Sementara itu, jumlah siswa yang terdampak banjir ialah sebanyak 22.500 siswa. Anies menyatakan DKI sudah menyiapkan bantuan alat-alat sekolah bagi siswa yang sekolah dan keluarganya menjadi korban banjir.

"Semua siswa yang rumahnya, keluarganya, terdampak banjir dan memerlukan pasokan kami siapkan, dari mulai pakaian alat tulis dll, insyallah, kami siapkan semua bagi masyarakat," ungkap Anies.

"Kami di Dinas Sosial sudah menyiapkan seragam baju untuk anak-anak, sehingga mereka bisa berkegiatan kembali. Sekolah hari ini pun di bersihkan semua," imbuh Anies.

Kendati begitu, Anies mengakui bahwa proses belajar mengajar besok belum terlalu efektif. Ia menyerahkan kepada masing-masing sekolah untuk membuat regulasi dalam proses belajar mengajar.

"211 sekolah itu insyallah sudah bersih. Senin bisa digunakan tentu belum optimal, pasti akan ada pengaturan, karena kelas-kelas yang masih proses pembersihan pasti ada pasti di atur, tiap sekolah kepala sekolah mengatur," tutup dia.

Hari ini Anies melakukan kerjabakti di kawasan Kampung Makassar, Jakarta Timur. Anies menginstruksikan 300 orang per Rukun Warga (RW) untuk bersih-bersih lingkungan.

Anies menjelaskan pihak yang turut bekerja hari ini terdiri dari unsur masyarakat. Kemudian, organisasi kemanusiaan, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan. Selanjutnya, TNI, polisi, dan jajaran Pemprov DKI.

Diketahui, akibat hujan deras sejak 31 Desember 2019 malam hingga 1 Januari 2020 pagi. Hujan deras mengakibatkan banjir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) serta ribuan orang harus mengungsi.
[Gambas:Video CNN] (ctr/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK