Seribu Petugas Bandara Kenakan Masker demi Cegah Corona

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 28/01/2020 15:32 WIB
Seribu Petugas Bandara Kenakan Masker demi Cegah Corona Petugas menggunakan masker untuk mencegah virus corona di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu, 22 Januari 2020. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seluruh petugas di jalur kedatangan internasional Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, diwajibkan menggunakan masker. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi penyebaran virus corona (2019-nCov) lewat penerbangan internasional.

Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga Simatupang mengatakan aturan itu telah diterapkan sejak Selasa (21/1) pekan lalu.


"Bahwa pemakaian masker itu merupakan imbauan dari manajemen kantor Angkasa Pura II, dalam hal ini presiden direktur dan imbauan juga dari Kantor Kesehatan Pelabuhan yang menyarankan petugas frontline terutama yang berada di daerah kedatangan internasional," kata Febri saat ditemui di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Selasa (28/1).


Febri menyampaikan ada sekitar seribu orang yang bertugas di jalur kedatangan internasional. Para petugas itu dipasok masker oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, seluruh petugas di Bandara Soetta memang terlihat menggunakan masker N95. Baik petugas kebersihan, petugas keamanan, hingga petugas imigrasi telah melindungi pernapasannya menggunakan masker.

"Kita minta menggunakan masker sampai semua kembali normal," tuturnya.

Seribu Petugas Bandara Wajib Bermasker demi Cegah CoronaIsolation chamber atau kapsul evakuasi suspect virus corona di Bandara Soekarno-Hatta. (CNN Indonesia/Dhio Faiz)


Lebih lanjut, Febri juga menyebut pihak bandara memperketat pemeriksaan bagi penumpang asal China. Bandara Soetta membuat pos karantina kesehatan di jalur kedatangan internasional.

Pos itu dilengkapi dengan empat pemindai suhu tubuh. Ada pula belasan petugas kesehatan yang mengecek kesehatan penumpang dengan menggunakan thermal gun.

"Apabila lewat ada yang suhunya panas, akan dicek petugas KKP. Apabila negatif ya sesuai tujuan masing-masing. Namun apabila perlu pemeriksaan lebih lanjut, akan ke ruang akan diperiksa, apabila perlu dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso," ujarnya.

Sebelumnya, virus novel corona (2019-nCov) menyita perhatian dunia. Virus yang disebut berasal dari Wuhan, China, ini telah menewaskan 106 orang.

Sebanyak 16 negara menyatakan telah terpapar virus tersebut, yakni China Jepang Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Korea Selatan, Vietnam, Singapura, Malaysia, Nepal, Perancis, Australia, Kanada, Kamboja, Sri Lanka, dan Jerman.


[Gambas:Video CNN] (dhf/pmg)