Jokowi Resmi Lantik Kepala BPIP Yudian Wahyudi

CNN Indonesia | Rabu, 05/02/2020 15:21 WIB
Jokowi Resmi Lantik Kepala BPIP Yudian Wahyudi Presiden Joko Widodo resmi melantik Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/2). (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo resmi melantik Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIPYudian Wahyudi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/2).

Yudian menggantikan Yudi Latif yang mundur sebagai kepala BPIP pada awal Juni 2018. Setelah Yudi mundur, Wakil Kepala BPIP Hariyono menjabat sebagai pelaksana tugas.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia dan taat UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya pada bangsa dan negara," ucap Yudian menirukan ucapan Jokowi.

Pelantikan itu dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta jajaran Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan sejumlah pejabat pemerintahan lain.

Selain melantik Yudian, Jokowi juga melantik Muhammad Yusuf Ateh sebagai Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Yudian sendiri masih menjabat rektor UIN Kalijaga, periode 2016-2020. Ia merupakan guru besar Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga.

Yudian meraih gelar S1 dan S2 di IAIN Sunan Kalijaga (saat ini UIN Sunan Kalijaga). Kemudian ia melanjutkan sekolah di Universitas McGill, Kanada dan lulus pada 2002.




(psp/gil)