Puan soal Elektabilitas Prabowo: Sudah Sering Ikut Pilpres

CNN Indonesia | Senin, 24/02/2020 16:13 WIB
Puan Maharani menilai tingginya elektabilitas Prabowo Subianto merupakan hal yang wajar, karena Prabowo berulang kali ikut kontestasi Pilpres. Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani menanggapi santai hasil survei yang menempatkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi kandidat teratas calon presiden pada Pilpres 2024.

Puan menyebut Prabowo sudah berkali-kali mengikuti kontestasi lima tahun sekali itu, sehingga rakyat sudah mengenal sosok yang kini menjadi Menteri Pertahanan itu.

"Kan apapun Pak Prabowo itu sudah berkali-kali ikut dalam kontestasi (Pilpres). Jadi kalau rakyat mengenal ya pastinya iya, karena ikut terus dalam kontestasi nasional," kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (24/2).

Puan menyatakan masih telalu lama jika harus membicarakan Pilpres 2024 saat ini. Menurutnya, masih banyak kerja yang harus dilakukan pada tahun ini sampai empat tahun ke depan.


"Banyak urusan yang harus diselesaikan, semua hal tersebut bisa bermanfaat buat rakyat. Jadi urusan 2020 dulu," ujarnya.

Meskipun demikian, Puan menyambut baik hasil survei yang menempatkan PDIP sebagai partai teratas dalam Pemilu 2024. Hasil survei itu, kata Puan, menjadi tantangan dan beban bagi partainya untuk menjaga kepercayaan rakyat.

"Jadi ini tantangan bagi PDIP bagaimana menjaga kepercayaan rakyat tersebut agar bisa Insyaallah kami buktikan di 2024," katanya.

[Gambas:Video CNN]


Sebelumnya, Prabowo unggul dalam hasil survei Indo Barometer dan Paramater Politik Indonesia yang dirilis berbarengan pada Minggu (23/2). Prabowo merajai dua hasil survei itu sebagai kandidat kuat calon presiden 2024.

Versi Indo Barometer, Prabowo unggul sebagai capres terkuat pada Pilpres 2024, mengungguli sedikitnya 22 nama elite populer di kalangan masyarakat. Survei Indo Barometer dilakukan dalam rentang 9-15 Januari 2020.

Sementara versi PPI bersama Politika Research and Consulting (PRC), Prabowo menempatkan posisi pertama dengan perolehan elektabilitas 17,3 persen. PPI mengukur popularitas kandidat ini melalui wawancara tatap muka dengan responden berjumlah 2.197 yang tersebar di 34 provinsi.
(fra/ugo)