Banjir di Bekasi Selatan, Listrik Padam

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 25/02/2020 05:56 WIB
Sejumlah daerah di Bekasi Selatan mengalami banjir, Selasa (25/2), mulai dari rata-rata 50 sentimeter dan listrik telah dipadamkan. Ilustrasi Banjir. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah pemukiman mengalami pemadaman listrik menyusul banjir yang melanda kawasan Bekasi. Di Pekayon Indah, Bekasi Selatan, banjir sudah setinggi 50 sentimeter di jalanan kompleks.

Menurut pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, genangan air bahkan mulai masuk ke sejumlah rumah warga hingga 10 sentimeter sekitar pukul 4.30 WIB. Listrik kawasan tersebut pun padam, sedangkan hujan dilaporkan tambah deras sejak turun pada Selasa (25/2) dini hari.

Di kawasan Kayuringin, Bekasi Selatan, banjir juga dilaporkan sudah setinggi 70 sentimeter menurut pantauan CNNIndonesia.com, Selasa (25/2). Air setinggi 20 sentimeter juga sudah masuk ke dalam perumahan warga.


Warga di Kayuringin kemudian berusaha menyelamatkan barang-barang berharga mereka, seperti kendaraan bermotor ke tempat yang dikira lebih aman dari banjir.


Di sisi lain, pantauan CNNIndonesia.com di Perumahan Masnaga Cikunir, Bekasi Selatan, rumah warga mulai digenangi air banjir setinggi 15 sentimeter di dalam rumah sejak pukul 4.30 WIB. Sedangkan di luar rumah, dilaporkan banjir dengan tinggi mencapai 60 sentimeter.

Banjir pada Selasa (25/2) dini hari sebelumnya telah dilaporkan terjadi di sejumlah wilayah di Bekasi. Di kompleks perumahan Antilope, Jatiwaringin, banjir sudah merendam rumah dengan level air setinggi pinggul orang dewasa atau sekitar 80 sentimeter.

Luapan air mulai merambah masuk perumahan ketika warga sedang terlelap sekitar pukul 04.00 WIB. Volume air yang masuk cukup deras sehingga warga tak sempat menyelamatkan barang-barang penting di dalam rumah.

Beberapa daerah lain yang juga terdampak banjir adalah Jalan Kolonel Sutomo 2 Kebon Pala Jakarta Timur dengan banjir 30-40 sentimeter pada pukul 04.34 WIB, dan Harapan Indah Bekasi dengan ketinggian 30-40 sentimeter.


Bukan hanya itu, warga di Perumahan Bintara Jaya Bekasi Barat juga melaporkan mengalami banjir dengan ketinggian 30-40 sentimeter pada pukul 04.32 WIB, kemudian di Perumahan Jatimulya Regency Bekasi Timur dengan ketinggian 50-60 centimeter pada pukul 04.28 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan peringatan dini pada Selasa (25/2) dini hari bahwa hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir terjadi di banyak daerah di sekitar Jabodetabek.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 06.00," kata pernyataan BMKG dalam laman resminya, Selasa (25/2). (end)