WN Jepang yang Tulari 2 WNI Tak Terdeteksi Corona di Bandara

CNN Indonesia
Senin, 02 Mar 2020 14:05 WIB
Menkes Terawan menyatakan warga Jepang yang menulari dua WNI tak terdeteksi positif corona karena thermal scanner di bancara tak mendeteksi ada suhu demam. Menkes Terawan menyatakan warga Jepang yang menulari dua WNI tak terdeteksi positif corona karena thermal scanner di bancara tak mendeteksi ada suhu demam. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan, warga negara Jepang yang menulari dua WNI tak terdeteksi positif virus corona covid-19 saat masuk ke Indonesia melalui pintu masuk bandara.

Menurut Terawan, hal itu bisa terjadi jika memang WN Jepang dalam kondisi tak demam. Diketahui, sejumlah thermal scanner atau alat pengukur suhu tubuh telah dipasang di pintu keluar masuk bandara.

"Ya kalau dia pas masuk kebetulan tidak panas, ya dengan ilmu apapun tidak bisa (terdeteksi)," ujar Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3).

Terawan sendiri tak menampik kemungkinan WN Jepang itu positif corona sejak berangkat dari Malaysia menuju Indonesia. Namun ia menekankan yang terpenting setelah itu adalah menelusuri kontak terakhir WN Jepang dengan orang-orang sekitarnya.

"Sudah terinfeksi kelihatannya (sejak berangkat). Tapi yang kita telusuri adalah bagaimana dia, di mana, ketemunya. Kontak itulah yang kita cari karena yang paling penting adalah close contact," katanya.

[Gambas:Video CNN]


Definisi kontak ini adalah mereka yang pernah mengobrol langsung dengan jarak yang sangat dekat. "Yang kontak itu deketan, paling enggak saling bisik itu kontak, jaraknya untuk terpapar besar sekali," imbuhnya.

Presiden Joko Widodo sebelumnya telah mengumumkan keberadaan dua WNI yang positif corona. Dua WNI itu diduga terinfeksi setelah bertemu dengan seorang warga negara Jepang yang dinyatakan positif corona. Kedua WNI itu saat ini tengah menjalani perawatan di RSPI Sulianto Suroso, Jakarta.



(psp/gil)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER