5 Pasien Positif Corona Diisolasi di RSUP Persahabatan

CNN Indonesia
Selasa, 10 Mar 2020 14:17 WIB
Lima dari 19 pasien positif virus corona di Indonesia menjalani perawatan di ruang isolasi RSUP Persahabatan Jakarta. Ilustrasi. Lima dari 19 pasien positif virus corona di Indonesia menjalani perawatan di ruang isolasi RSUP Persahabatan Jakarta. (Foto: CNN Indonesia/Damar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Rita Rogayah mengumumkan per hari ini, Selasa (10/3), ada lima pasien WNI positif corona yang dirawat di gedung isolasi RSUP Persahabatan.

"Kemarin sudah diumumkan (oleh Kemenkes) ada 19 positif corona. Dari 19 pasien itu, lima di antaranya dirawat di RS Persahabatan. Bertambah tiga pasien (positif corona) yang dirawat, dari yang kemarin ada 2 orang. Jadi totalnya ada 5 pasien," ujar Rita di hadapan para wartawan di RSUP Persahabatan.

Tiga pasien tambahan ialah pasien kasus 14, 18, dan 19. Rita juga mengatakan ketiga pasien ini punya riwayat perjalanan ke Malaysia.

RSUP sebelumnya mengisolasi dua pasien WNI positif corona yang diidentifikasi sebagai kasus 5 dan kasus 6, sejak Minggu (8/3) lalu.


"Tiga pasien (positif corona baru) ini punya riwayat perjalanan ke Malaysia," tambah Rita.

Selain merawat lima pasien positif corona, gedung isolasi RSUP Persahabatan juga merawat delapan orang dengan status pasien dalam pengawasan (pdp).

"Untuk pasien yang dirawat total ada 13. lima pasien positif (dirawat) di gedung yang sama tapi kamar berbeda (dengan pasien yang masih dalam pengawasan). (Kelimanya) diletakkan pada 3 kamar," pungkas Rita.

"Pasien positif (corona) kami rawat bersama dengan pasien positif lainnya," kata Rita.

[Gambas:Video CNN]


Pemerintah telah mengumumkan total pasien positif corona hingga Senin (9/3) kemarin mencapai total 19 orang.

"Masyarakat diminta tetap tenang karena kecenderungan penyakit ini secara klinis tidak seperti yang kita bayangkan seperti di Wuhan," kata juru bicara pemerintah khusus penanganan virus corona, Achmad Yurianto dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (9/3).

"Karena kita sudah laporkan kasus positif di RS, sepenuhnya mandiri, tidak ada yang menggunakan oksigen, infus, dan bisa melakukan perawatan sendiri," ujar dia menambahkan. (ndn/gil)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER