Anies Belum Pastikan Pelaksanaan Formula E Usai Penundaan

CNN Indonesia | Rabu, 11/03/2020 20:37 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan penundaan gelaran Formula E Jakarta masih dibahas bakal dilakukan sampai kapan. Ban-ban untuk balap Formula E.(AFP PHOTO / Anthony WALLACE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan menunda pelaksanaan Formula E 2020. Penundaan dilakukan menyusul penyebaran virus Corona di Ibu Kota Republik Indonesia itu. Namun Anies tidak menyatakan secara detail sampai kapan penundaan dilakukan.

Anies belum memastikan pelaksanaan Formula E, usai ditunda.
"Waktu penundaannya dibahas kemudian. Tapi bulan Juni sudah ditetapkan tidak dilaksanakan. Dan kita memantau perkembangan dunia apalagi formula E sebuah kegiatan yang dihadiri oleh wisatawan internasional," kata Anies di Balai Kota, Rabu (11/3).

Anies menjelaskan dirinya lebih memprioritaskan kesehatan masyarakat ketimbang mencari keuntungan ekonomi. Menurutnya, keselamatan warga Jakarta lebih penting ketimbang nilai ekonomi dari Formula E.


"Kita enggak ingin mengorbankan keselamatan warga demi pencapaian perekonomian. Memang ekonominya besar tapi bila punya risiko, maka kita tunda," ujar Anies.

Penundaan Formula E merupakan rentetan kebijakan Anies menyusul merabaknya virus Corona di Jakarta. Selain Formula E, Anies juga menghentikan setidaknya tiga acara konser yang berpotensi menimbulkan keramaian.

[Gambas:Video CNN]
Selain itu, Anies juga menghentikan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) selama dua pekan. Setelah dua pekan, Anies akan mengkaji kembali kebijakan tersebut.

Untuk perhelatan Formula E, DKI sudah menggelontorkan dana sebesar Rp360 miliar untuk commitment fee dari APBD DKI. Anies memastikan dana tersebut tidak hilang mengingat kejadian Corona adalah termasuk kejadian luar biasa.

"Tidak ada yang hangus, kalau dari sisi biaya tidak ada yang hangus karena force majeur," tutup Anies.

Keputusan Anies menghentikan Formula E tertuang dalam sebuah surat yang ia kirim kepada kepada Organizing Committee (OC) Jakarta E- Prix, Rabu (11/3). Dalam surat Anies yang bertanggal Senin (9/3), dengan nomor 117/-1.857.73, itu ia menyampaikan keputusannya untuk menunda penyelenggaraan Formula E. 

"Mencermati perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia khususnya di Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya," kata Anies dalam suratnya, dikutip dari Antara, Selasa (11/3).

(ctr/kid)