SBY Singgung Lemahnya Koordinasi Antarnegara Hadapi Corona

CNN Indonesia | Minggu, 15/03/2020 15:59 WIB
SBY Singgung Lemahnya Koordinasi Antarnegara Hadapi Corona Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengkritik penanganan virus corona secara global yang kurang maksimal. Menurutnya, koordinasi dan sinergi antarnegara kurang dalam penanganan virus corona.

Padahal, lanjut dia, virus corona menyebar melalui interaksi antar-manusia sedunia.

"Ini kritik saya. Kita berharap koordinasi, sinergi dan kerja sama antarnegara dapat diperbaiki dan ditingkatkan," kata SBY saat berpidato dalam acara pembukaan Kongres V Partai Demokrat di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta pada Minggu (15/3).


Presiden keenam RI itu mengungkapkan pihaknya sebenarnya ingin menggelar Kongres V Demokrat 2020 lebih akbar.

Ia mengaku sudah mendengar bahwa para kader Demokrat dari seluruh Indonesia, sudah bersiap untuk menyemarakkan dan menyukseskan Kongres V Demokrat.

Namun, kata SBY, situasi nasional bahkan internasional tidak memungkinkan untuk itu lantaran virus corona tengah mewabah di seluruh dunia. Berangkat dari itu, SBY menyatakan pihaknya memutuskan Kongres V Demokrat diselenggarakan secara sederhana.

"Karenanya, dengan menjunjung tinggi semangat tenggang rasa dan juga empati, kongres ini kita selenggarakan secara sederhana. Durasi waktu kongres juga kita persingkat," tutur SBY.

[Gambas:Video CNN]


Dia melanjutkan, pihaknya menerapkan protokol keamanan terkait virus corona yang ketat dalam Kongres V Demokrat. SBY mengaku sudah berkomunikasi langsung dengan Presiden Jokowi, Menteri Kesehatan Terawan, Kapolri Jenderal Idham Azis, Gubernur DKI Jakarta Profesor Anies Baswedan, dan Ketua Satgas Penanggulangan Virus Korona Letnan Jenderal Doni Monardo, menyangkut Kongres V Demokrat.

SBY menambahkan Indonesia tidak boleh lengah dan lalai dalam melawan ancaman corona. Dia meminta Indonesia serius, sigap, dan melakukan langkah-langkah yang nyata.

"Pemerintah, masyarakat, kita semua, harus bersinergi dan bekerja sama. Saya yakin ini pulalah harapan rakyat kita," kata SBY. (fea/fea)