Jokowi: Semoga Pandemi Berlalu Agar Dapat Melepas Rindu

CNN Indonesia | Minggu, 24/05/2020 10:52 WIB
Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melaksanakan salat Idulfitri 1441 H di halaman depan Wisma Bayurini, Istana Kepresidenan Bogor, pada Minggu pagi, 24 Mei 2020. Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo berharap pandemi Covid-19 berlalu agar warga bisa segera bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Selama pandemi, Jokowi mengimbau masyarakat agar tidak mudik dan berlebaran di rumah. 

"Semoga pandemi ini segera berlalu agar kita dapat bertemu dan saling melepas rindu," tulis Jokowi melalui Instagramnya, Minggu (24/5).

Jokowi juga mengimbau di kala pandemi ini, warga bisa berbagi ucapan lebaran secara virtual menggunakan telepon. 


"Semoga semua maaf lahir batin dapat tersampaikan dan diterima dengan sepenuh hati walau hanya lewat telepon atau panggilan video," ucapnya.

[Gambas:Instagram]


Pada lebaran tahun ini, Jokowi tidak mengadakan open house seperti biasanya, hal itu bertujuan untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19). Ia juga berpesan kepada masyarakat agar bisa menghadapi situasi ini bersama-sama.

"Tak ada gelar griya (open house), mudik, atau salat id di lapangan pada hari lebaran tahun ini. Memang ini berat, tapi kita alami dan hadapi bersama-sama," imbuhnya.
Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melaksanakan salat Idulfitri 1441 H di halaman depan Wisma Bayurini, Istana Kepresidenan Bogor, pada Minggu pagi, 24 Mei 2020.Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melaksanakan salat Idulfitri 1441 H di halaman depan Wisma Bayurini, Istana Kepresidenan Bogor, pada Minggu pagi, 24 Mei 2020. (Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas).
Sementara itu, Jokowi melaksanakan salat Idulfitri 1441 H di halaman depan Wisma Bayurini, Istana Kepresidenan Bogor, pada Minggu (24/5).

Jokowi dan Ibu Iriana bersama putra bungsu Kaesang Pangarep melaksanakan salat Idulfitri berjamaah yang dipimpin oleh Ketua DKM Masjid Baitussalam Istana Kepresidenan Bogor Muhammadun pada pukul 06.32 WIB.
Dalam khotbahnya yang bertema "Idulfitri Momentum Hijrah", Muhammadun menyampaikan Idulfitri adalah momentum untuk menghapus segala dosa dan kesalahan, dan momentum untuk hijrah menuju kebaikan.

"Jika sebelum Ramadan, kita saling bermusuhan, saling menghina satu sama lain, banyak melakukan kesalahan. Maka setelah hari raya Idulfitri ini, mari kita komitmen untuk memperbaiki diri, saling rukun, saling bermaafan, saling bersatu dan saling mempererat persaudaraan," ucap Muhammadun.

Lebih lanjut Muhammadun mengingatkan bahwa sebagai sesama muslim adalah bersaudara, sehingga harus saling berbuat baik.

"Semoga hari raya Idulfitri ini, menjadikan momentum bagi kita untuk semakin baik, semakin rukun, semakin bersatu, cinta damai, mendapatkan rahmat dan ampunan dari Allah SWT," kata Muhammadun.

Setelah melakukan salat sekitar pukul 06.52 WIB, Jokowi dan Iriana Jokowi beserta Kaesang Pangarep kembali ke Wisma Bayurini.
(mel/ugo)

[Gambas:Video CNN]