Saf Rapat, Jamaah Salat Idulfitri di Banda Aceh Membludak

CNN Indonesia | Minggu, 24/05/2020 08:51 WIB
Jamaah salat Idulfitri 1441 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman membludak hingga ke halaman masjid, pada Minggu (24/5). Jamaah salat Idulfitri 1441 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman membludak hingga ke halaman masjid, pada Minggu (24/5). (CNN Indonesia/dra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jamaah salat Idulfitri 1441 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, membludak hingga ke halaman masjid, pada Minggu (24/5). Bahkan, jamaah rela salat beralaskan rumput di halaman masjid.

Pantauan CNNIndonesia.com, jamaah sudah hadir mulai pukul 06.30 WIB, di setiap sudut pintu masuk masjid dijaga aparat gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri, untuk memantau jamaah yang tidak pakai masker.

Masjid yang menampung sekitar 25 ribu jamaah itu, juga menyediakan masker gratis bagi jemaah yang datang tidak membawa masker.


Aparat kepolisian bahkan menutup akses jalan menuju Masjid Raya Baiturrahman, yang digunakan untuk menampung parkir kendaraan jamaah .
Pelaksanaan salat Idulfitri juga tidak menerapkan jarak antarsaf. Saf jamaah rapat seperti biasa. 

Wastafel juga disediakan di semua pintu masuk masjid lengkap dengan sabun cuci tangan. Perlengkapan serupa juga ada di tempat wudhu.

"Shalat Idulfitri tetap dilaksanakan di masjid atau lapangan pada hari ini, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran wabah Covid-19," kata Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Alidar.

Pantauan CNNIndonesia.com, khutbah salat idulfitri hanya berlangsung 10 menit. Setelah itu jamaah membubarkan diri sekitar pukul 08.15 WIB. Ada juga sebagian warga memilih tetap berada di masjid, untuk berkumpul bersama rekannya  berswafoto dan silaturahmi.

Buka hanya di masjid Raya Baiturrahman, salat Idulfitri juga berlangsung di seluruh masjid di Banda Aceh.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto mengatakan, pihaknya sudah mengimbau jauh-jauh hari agar warga tidak menggelar salat berjamaah di masjid. Tapi di rumah.

Namun melihat antusias warga yang berbondong-bondong datang ke masjid, pihaknya terpaksa menurunkan personil untuk memastikan jamaah menerapkan protokol kesehatan.

"Karena masih ada yang salat di masjid makanya kita pastikan jamaah harus melaksanakan protokol kesehatan,"ujarnya.
(dra/ugo)

[Gambas:Video CNN]