PSBB Transisi, Warga Jakarta Mulai Jajal Makan di Restoran

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 06/06/2020 16:03 WIB
Rumah Makan Padang Kebayoran Baru di Gandaria, Jakarta Selatan. Restoran mulai mengizinkan pelanggan makan di tempat dengan protokol kesehatan. (CNN Indonesia/Feybien Ramayanti)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari kedua Pembatasan Sosial Besar (PSBB) pada masa transisi diterapkan di DKI Jakarta pada Sabtu (6/6), warga mulai menjajal makan di restoran.

Salah satunya dilakukan oleh Ifan (36), seorang karyawan swasta yang masih bekerja dari rumah sejak Maret lalu.

Ifan mengaku dirinya sengaja keluar rumah hari ini untuk mencari rumah makan yang mau menerima pelanggan. Ini karena ia mengetahui informasi bahwa PSBB transisi di Jakarta sudah mulai diberlakukan.


"Saya sudah tahu ada PSBB transisi. Cuma memang kita tahunya mal baru [buka] minggu depan. Jadi kita nyari [restoran] yang sudah bisa makan di tempat, iseng aja," tuturnya kepada CNNIndonesia.com di salah satu restoran di Jakarta Selatan.

Setelah berkeliling menumpang kendaraan pribadi, akhirnya Ifan menemukan Rumah Makan Padang Kebayoran Baru di Gandaria, Jakarta Selatan. Restoran ini memperbolehkan pelanggan makan di tempat dengan kuantitas terbatas.

Ifan pun mengaku tiap akhir pekan selama PSBB ia kerap keluar rumah untuk mencari restoran yang menerima pelanggan. Namun baru kali ini rencananya berhasil.

Hari ini pun setelah keliling di wilayah Lebak Bulus sampai Radio Dalam, ia tak kunjung menemukan restoran yang memperbolehkan pelanggan makan di tempat.

Menurut pantauan CNNIndonesia.com, tak hanya Ifan yang menikmati makanannya tanpa dibawa pulang. Setidaknya ada 12 orang lain di dalam restoran tersebut.

Namun kapasitas pelanggan yang boleh makan di tempat memang dipangkas. Meja yang harusnya bisa diisi empat orang hanya diisi dua orang.

Pada tiap meja terdapat tanda "X" yang ditempelkan untuk memberi jarak tiap pelanggan di satu meja. Tiap pelanggan tak boleh duduk bersampingan saat makan di tempat.

Soleh (45), pegawai Rumah Makan Padang Kebayoran Baru mengaku hari ini pihaknya menjajal menerima pelanggan makan di tempat. Ini merupakan hari pertama rumah makan itu menerima pelanggan.

Rumah Makan Padang Kebayoran Baru di Gandaria, Jakarta Selatan.Pemilik restoran mengatakan mulai mengizinkan pelanggan makan di tempat mulai hari ini, Sabtu (6/6).
Namun ia menyatakan ada beberapa ketentuan yang harus ditaati pelanggan jika ingin makan di tempat. Misalnya harus mentaati jarak yang sudah ditentukan pada tiap meja.

"Makannya dijarak dan nggak boleh lama. Kalau sudah selesai makan ya kita kasih tahu, mohon maaf enggak boleh lama," tuturnya kepada CNNIndonesia.com.

Langkah ini, katanya, untuk memastikan tiap pelanggan tak berlama-lama makan di restoran. Juga agar pihaknya bisa langsung membersihkan meja setelah dipakai.

Juga cuma satu ruangan kecil yang dipakai pihaknya untuk menerima pelanggan hari ini. Soleh mengatakan mulai Senin baru ruangan lain turut dibuka.

Sejak pagi tadi, ia mengaku baru pada jam makan siang pelanggan berdatangan makan di tempat. Pihaknya tak mengumumkan secara khusus bahwa restoran sudah dibuka, namun kebanyakan pelanggan justru bertanya.

"Karena banyak yang minta [makan] di sini sebenarnya," tambah dia.

Gubernur DKI Jakarta mulai membolehkan restoran beroperasi dan menerima pelanggan pada 8 Juni 2020. Instruksi ini diatur melalui Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 563 Tahun 2020 tentang Pemberlakuan, Tahapan dan Pelaksanaan Kegiatan atau Aktivitas PSBB Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif.

PSBB transisi sendiri ditetapkan Anies mulai Jumat (5/6) kemarin. Kendati masih berjudul PSBB, sejumlah aktivitas dan fasilitas umum mulai diperbolehkan beroperasi secara bertahap pada periode ini. (fey/stu)

[Gambas:Video CNN]


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA