Polri Waspadai Arus Mudik Iduladha, Puncak Terjadi di 30 Juli

CNN Indonesia | Senin, 27/07/2020 16:19 WIB
Polri yakin banyak masyarakat yang ingin memanfaatkan hari libur Iduladha di akhir pekan untuk berjumpa dengan keluarga. Ilustrasi arus mudik (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi masih tetap ada arus mudik di hari Iduladha tahun ini. Gelombang mudik ini diprediksai terjadi pada Kamis mendatang (30/7) atau hari H-1. Hari Raya Iduladha tahun ini jatuh pada 31 Juli 2020.

Sementara arus balik diperkirakan terjadi pada 2 Agustus 2020.

"Prediksi puncak arus mudik ke Jawa pada 30 Juli dan sebaliknya pada 2 Agustus 2020," kata Kepala Bagian Operasi Korps Lalu Lintas Polri Kombes Rudi Antariksawan saat dihubungi, Senin (27/7).


Meski saat ini dalam kondisi pandemi Covid-19, namun Polri memprediksi tetap ada peningkatan arus lalu lintas mudik. Sebab, Iduladha tahun ini jatuh pada hari Jumat atau jelang akhir pekan yang kemungkinan dimanfaatkan masyarakat.

"Otomatis masyarakat ada yang mau silaturahmi wisata dan giat agama," ucap Rudi.

Rudi menuturkan pada Rabu (29/7) mendatang bakal digelar apel pasukan. Selanjutnya, para personel akan disebar ke sejumlah titik yang menjadi fokus lokasi pengamanan.

"Kita tetap antisipasi kalau ada lonjakan arus jalur tol arteri dan lokasi wisata," ujarnya.

Beberapa lokasi diprediksi terjadi lonjakan arus lalu lintas, yakni gerbang tol Cikampek Utama, gerbang tol Palimanan, gerbang tol Pejagan, gerbang tol Kalikangkung, gerbang tol Kartosura, hingga penyeberangan Merak.

Kemudian untuk lokasi wisata, antara lain puncak Bogor, Lembang Bandung, Ancol, Ragunan dan sebagainya.

(dis/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]